Integrasi pendidikan karakter melalui inkuiri dengan lesson study dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Singosari / Elly Lailatul Budur - Repositori Universitas Negeri Malang

Integrasi pendidikan karakter melalui inkuiri dengan lesson study dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Singosari / Elly Lailatul Budur

Budur, Elly Lailatul (2013) Integrasi pendidikan karakter melalui inkuiri dengan lesson study dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Singosari / Elly Lailatul Budur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pendidikan karakter inkuiri Lesson Study sikap ilmiah hasil belajar kognitif. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam pembelajaran pada setiap mata pelajaran termasuk dalam pembelajaran biologi. Pembelajaran biologi memerlukan kegiatan penyelidikan baik melalui observasi maupun eksperimen sebagai bagian dari kerja ilmiah yang melibatkan sikap ilmiah. Pendekatan inkuiri memungkinkan siswa dilibatkan secara aktif berpikir dan menemukan pengertian yang ingin diketahuinya. Pembelajaran ini melibatkan siswa dalam proses penemuan melalui pengumpulan data dan tes hipotesis. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil mengingat fakta-fakta tetapi hasil dari penemuan sendiri. Hasil pengamatan awal menunjukkan bahwa siswa di SMP Negeri 1 Singosari masih cenderung menghafal pelajaran sehingga kurang memiliki keterampilan proses. Mereka mengerti dan memahami materi pelajaran tetapi belum dapat melakukan kerja ilmiah yang diperlukan dalam pembelajaran IPA. Hal ini terjadi mungkin disebabkab oleh metode pembelajaran yang diterapkan masih belum memberikan peluang bagi siswa untuk melakukan kerja ilmiah. Siswa yang telah mencapai KKM ketika diberi tugas untuk melakukan kerja ilmiah seperti merumuskan masalah menginterpretasikan data maupun menyimpulkan data masih belum mampu dan hanya sekedar menghafal materi. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa melalui integrasi pendidikan karakter dengan metode inkuiri terbimbing dan lesson study siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singosari. Ada 8 karakter yang diintegrasikan untuk dapat membentuk sikap ilmiah siswa yaitu ingin tahu jujur bekerja sama teliti hati-hati terbuka ulet/tekun dan rasa percaya diri. Jenis Penelitian adalah penelitian dengan model Lesson Study menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari peneliti dan seluruh siswa kelas VII A B dan C SMP Negeri 1 Singosari se ba gai subjek penelitian. Instrumen penelitian berupa lem bar observasi keterlaksanaan integrasi pendidikan karakter lem bar observasi keterlaksanaan pembelajaran inkuiri lem bar observasi keterlaksanaan plan dalam lesson study lem bar observasi keterlaksanaan do dalam lesson study lem bar observasi keterlaksanaan see dalam lesson study lembar penilaian sikap ilmiah siswa tes hasil belajar kognitif siswa. Data dianalisis secara kualitatif melalui tahap-tahap me reduksi data paparan da ta dan penyimpulan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan integrasi pendidikan karakter terjadi peningkatan sebesar 2 3%. Keterlaksanaan pembelajaran inkuiri oleh guru juga mengalami peningkatan sebesar 1 9%. Keterlaksanaan pembelajaran inkuiri oleh siswa juga meningkat sebesar 3 8%. Persentase keterlaksanaan implementasi lesson study juga meningkat rata-rata di 3 kelas sebesar 2 1%. Berdasarkan temuan penelitian didapatkan hasil bahwa terjadi peningkatan pada masing-masing sikap ilmiah. Hasil rekapitulasi dari 3 kelas untuk hasrat ingin tahu mengalami peningkatan sebesar 1 6% sikap jujur mengalami peningkatan sebesar 0 2% bekerja sama meningkat sebesar 1 2% teliti meningkat sebesar 0 4% hati-hati meningkat sebesar 0 3% terbuka meningkat sebesar 1 2% ulet/tekun meningkat sebesar 0 9% dan rasa percaya diri meningkat sebesar 2 2%. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa juga terjadi peningkatan. Hasil belajar kognitif siswa di kelas VII A mengalami peningkatan sebesar 60% di kelas VII B mengalami peningkatan sebesar 37 9% dan di kelas VII C mengalami peningkatan sebesar 26 7%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa integrasi pendidikan karakter melalui pembelajaran inkuiri terbimbing dengan lesson study dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa. Dengan demikian disarankan 1) pembelajaran dengan menggunakan inkuiri dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu variasi metode pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan 2) Lesson study perlu diterapkan secara efektif dan menjadi budaya sekolah sehingga kepala sekolah perlu mengambil kebijakan dan mensosialisasikan kepada semua guru untuk menerapkan model ini dalam setiap pembelajaran 3) Hasil penelitian ini hendaknya menjadi dasar pengembangan keprofesionalan dan menambah wawasan baru bagi guru-guru yang tergabung dalam MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) IPA baik lingkup sekolah maupun Kabupaten Malang tentang metode pembelajaran inkuiri dan juga lesson study sehingga dapat mengembangkan pembelajaran tersebut di sekolah masing-masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62581

Actions (login required)

View Item View Item