Pengaruh metode Blended Learning dan Self Regulated Learning terhadap hasil belajar IPS di SMK Negeri 3 Malang / Ratna Novitayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode Blended Learning dan Self Regulated Learning terhadap hasil belajar IPS di SMK Negeri 3 Malang / Ratna Novitayati

Novitayani, Ratna (2013) Pengaruh metode Blended Learning dan Self Regulated Learning terhadap hasil belajar IPS di SMK Negeri 3 Malang / Ratna Novitayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci blended learning self regulated learning hasil belajar Kurikulum SMK meliputi pembelajaran praktik dan teori. Salah satu kegiatan praktek yaitu kegiatan Praktek Kerja Industri pada dunia industri. Perkembangan ilmu pengetahuan dan globalisasi berakibat pada metode pembelajaran. Blended learning merupakan perpaduan e-learning dengan pembelajaran tatap muka di dalam kelas. Disisi lain self regulated learning menempatkan pentingnya seseorang untuk belajar disiplin mengatur dan mengendalikan diri sendiri terutama bila menghadapi tugas-tugas yang sulit. Blended learning perlu dilakukan untuk jenjang SMK karena pada jenjang SMK terdapat kegiatan Praktek Kerja Industri. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajar dengan metode blended learning dengan kelompok siswa yang diajar dengan metode tradisional berbasis internet 2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang memiliki self regulated learning tinggi dengan siswa yang memiliki self regulated learning rendah dan 3) Apakah terdapat interaksi antara metode blended learning dan self regulated learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMK Negeri 3 Malang. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Malang. Subyek penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen kelas XI TB1 terdiri dari 32 siswa dan kelompok kontrol kelas XI TB2 yang terdiri dari 31 siswa. Pengumpulan data self regulated learning dengan menggunakan angket tertutup yang diberikan kepada siswa sedangkan hasil belajar dengan menggunakan melaksanakan tes berupa soal pilihan ganda. Uji item dan reabilitas dengan menggunakan SPSS 19.0 for windows. Uji prasyarat analisis data mengunakan One-Sample Kolmogorov Smirnov Test untuk uji normalitas data dan uji Levene s Test of Equality of Variance untuk uji homogenitas varian. Analisis data dengan menggunakan ANOVA. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan ANOVA menunjukkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan blended learning dan face to face learning dengan nilai F sebesar 4 104 dengan signifikansi 0 047 (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai iself regulated learning tinggi dan rendah dengan nilai F sebesar 14 437 dengan nilai signifikansi sebesar 0 000 dan (3) terdapat interaksi antara blended learning dan self regulated learning dalam mempengaruhi hasil belajar dengan nilai F sebesar 6 318 dengan signifikansi sebesar 0 015. ii Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara metode blended learning dan self regulated learning dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode blended learning dapat meningkatkan self regulated siswa dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa yang mempunyai self regulated learning tinggi akan mempunyai hasil belajar yang tinggi dan sebaliknya. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) hasil belajar dapat ditingkatkan dengan mengkombinasikan metode blended learning dan self regulated learning 2) penelitian ini dapat digunakan untuk jenjang SMK yang memungkinkan terjadinya pembelajaran jarak jauh dan 3) bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengadakan penelitian sejenis diharapkan hasil belajar siswa tidak hanya dari arah kognitif saja akan tetapi ditambah dengan ranah afektif serta menambah variabel lain yang mungkin berpengaruh terhadap hasil belajar seperti motivasi berprestasi sarana dan prasarana maupun keterampilan berkomputer.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62577

Actions (login required)

View Item View Item