Implementasi pendidikan karakter di SD Negeri Ngunut 6 Tulungagung / Layli Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter di SD Negeri Ngunut 6 Tulungagung / Layli Hidayah

Hidayah, Layli (2013) Implementasi pendidikan karakter di SD Negeri Ngunut 6 Tulungagung / Layli Hidayah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayah Layli. 2012. Implementasi Pendidikan Karakter Di SDN Ngunut 6 Tulungagung. Tesis Progam Studi S2 Pendidikan Dasar Guru Kelas Progam Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M. Pd (II) Prof. Dr. Hariyono M. Pd. Kata Kunci Implementasi Pendidikan Karakter 12288 12288 12288 Seiring dengan perubahan zaman maka berubah pula tingkah pola manusia di Indonesia dalam hal berpakaian berbahasa kegemaran dan lain sebagainya. Namun dari aspek-aspek tersebut justru dijumpai beberapa fakta yang mengindikasikan menurunnya karakter masyarakat berdasarkan pandangan Lickona (1992) seperti penggunaan bahasa kotor kekerasan melanggar aturan dan sebagainya. Sehubungan dengan karakter bangsa yang mengalami kemunduran tersebut maka pemerintah mencanangkan pendidikan karakter yang diimplementasikan di seluruh lembaga sekolah namun banyak sekolah yang kurang tepat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Hal ini dibuktikan dengan karakter hanya tulisan di rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) saja tanpa diimplementasikan dengan baik serta semua mata pelajaran memiliki karakter yang sama padahal setiap pelajaran memiliki karakter yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini yakni menyajikan bagaimana implementasi pendidikan karakter di SD negeri yang nantinya dapat dijadikan rujukan dalam mengembangkan pendidikan karakter dan dapat dijadikan contoh implementasi pendidikan karakter yang tepat di lembaga pendidikan/sekolah lainnya terutama SD negeri. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di SD Negeri Ngunut 6 Tulungagung. Hasil temuan penerapan pendidikan karakter dalam proses belajar mengajar yakni siswa memiliki motto tentang cinta kebersihan serta perangkat pembelajaran telah terintegrasi dengan karakter. Budaya yang dikembangkan di SD Negeri Ngunut 6 yakni terdapat tata tertib DISIPLIN untuk guru dan Malu untuk siswa semua warga sekolah harus melaksanakan 3S (Salam senyum sapa) membuang dan memilah sampah pada tempatnya dan Jumat bersih. Ekstrakurikuler yang dikembangkan yakni Pramuka tari dan computer. Masyarakat melalui paguyuban siswa tokoh masyarakat dan lembaga luar sekolah sangat ikut berpartisipasi dalam semua rencana sekolah hal ini diwujudkan dengan kelas dikelola oleh orang tua siswa melalui program swadaya pengelolaan ruang kelas dan halaman sekolah. Adapun perilaku yang tampak pada siswa selama penelitian berlangsung yakni siswa memiliki kebiasaan yang disiplin tinggi terutama ketepatan waktu. 12288 12288 12288 Saran berdasarkan penelitian ini sebagai upaya optimalisasi implementasI pendidikan karakter yakni (1) dalam proses pembelajaran perlu adanya model pembelajaran yang lebih kooperatif (2) jenis ekstrakurikuler ditambah untuk mengembangkan bakat dan minat siswa yang beragam (3) kantin kejujuran hendaknya juga dikelola oleh paguyuban serta (4) pajangan yang ada di sekolah hendaknya diganti secara berkala.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62576

Actions (login required)

View Item View Item