Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quiz-quiz trade (pada kelas VII E SMP Negeri Kraksaan mata pelajaran manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan) / Fitria Puji Les - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quiz-quiz trade (pada kelas VII E SMP Negeri Kraksaan mata pelajaran manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan) / Fitria Puji Les

Lestari, Fitria Puji (2013) Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quiz-quiz trade (pada kelas VII E SMP Negeri Kraksaan mata pelajaran manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan) / Fitria Puji Les. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quiz-quiz Trade Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memecahkan Masalah keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Pembelajaran kooperatif tipe Quiz-quiz Trade pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kraksaan mata pelajaran Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan tahun 2012/2013 (2) Menjelaskan bagaimana penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Quiz-quiz Trade dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kraksaan mata pelajaran IPS tahun 2012/2013 (3) Menjelaskan bagaimana penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Quiz-quiz Trade dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII E Negeri 1 Kraksaan mata pelajaran Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan tahun 2012/2013. Dengan menggunakan Desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research guru dapat mengetahui apa yang terjadi di dalam kelas dan memecahkan masalah yang terjadi yaitu tentang keaktifan dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Kraksaan yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2012 sampai 09 November 2012. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz-quiz Trade secara keseluruhan telah dilaksanakan dan berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa masalah pada siklus I dimana pada siklus I terdapat siswa yang terlmbat masuk kelas siswa canggung untuk melakukan pembelajaran tipe Quiz-quiz Trade suasana kelas yang kurang kondusif tetapi masalah ini segera diperbaiki pada siklus II sehingga proses pembelajaran bisa sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz-quiz Trade dapat meningkatkan hasil belajar hal ini terlihat pada peningkatan rata-rata nilai kelas pada siklus I sebesar 76 atau dengan prosentase sebesar 56 67%. Terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 40% yaitu dengan rata-rata kelas sebesar 94 73 atau dengan prosentase 96 67%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz-quiz Trade dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa hal ini terlihat pada siklus I sebesar 84 22% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 95 06% dengan peningkatan sebesar 10 84%. Penelitian ini membuktikan dengan pembelajaran model kooperatif tipe Quiz-quiz Trade terjadi peningkatan terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kraksaan pada mata pelajaran IPS materi tentag manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan. Sehingga penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi guru bidang studi IPS atau guru bidang studi yang lain yang ingin melakukan penelitian tindakan kelas atau untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dalam proses belajar di kelas akan tetapi harus disesuaikan karakteristik materi dengan pembelajaran Quiz-quiz Trade.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62574

Actions (login required)

View Item View Item