Pengaruh penerapan strategi pembelajaran penemuan terbimbing terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Rantepao I Kabupaten Toraja Utara / Benyamin Salu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran penemuan terbimbing terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Rantepao I Kabupaten Toraja Utara / Benyamin Salu

Salu, Benyamin (2013) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran penemuan terbimbing terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Rantepao I Kabupaten Toraja Utara / Benyamin Salu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi pembelajaran penemuan terbimbing motivasi belajar hasil belajar Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara. Pendidikan berperan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas yang dapat bersaing di jaman pesatnya perkembangan teknologi. Hal ini memerlukan proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif inspiratif menyenangkan menantang memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran selain penguasaan bahan atau materi ajar juga diperlukan pengetahuan tentang pendekatan strategi dan metode pembelajaran yang dapat memudahkan siswa memahami materi yang diajarkan dan tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh penerapan strategi pembelajaran penemuan terbimbing pada mata pelajaran IPA terhadap motivasi belajar siswa dan 2) Adakah pengaruh penerapan strategi pembelajaran penemuan terbimbing pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen kuasi (quasi experimental design) dengan rancangan kelompok nonekuivalencontrol group. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Rantepao I Kabupaten Toraja Utara yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA 38 siswa dan kelas IVB 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Analisis Covariance (Anacova) Hasil penelitian pengaruh penerapan strategi pembelajaran penemuan terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa adalah 1) Ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran penemuan terbimbing pada mata pelajaran IPA terhadap motivasi belajar siswa. Motivasi belajar lebih tinggi 7 3% (hasil angket) dan 7 18% (hasil observasi) pada strategi pembelajaran penemuan terbimbing dibanding dengan strategi pembelajaran konvensional 2) Ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran penemuan terbimbing pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada strategi pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi 4 79% dibanding dengan hasil belajar pada pembelajaran konvensional. Respon siswa terhadap strategi pembelajaran penemuan terbimbing adalah 34 21% menyukai dan 65 79% sangat menyukai. Beberapa saran terkait dengan hasil penelitian ini adalah 1) Bagi para guru strategi pembelajaran penemuan terbimbing dapat dipilih sebagai salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa 2) Bagi sekolah atau lembaga pendidikan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu dasar dalam mengambil keputusan dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dan 3) Bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam melaksanakan penelitian yang berhubungan dengan motivasi dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62573

Actions (login required)

View Item View Item