Hidayati, Nur (2013) Pembelajaran inkuiri terbimbing melalui strategi kooperatif numbered head together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VII.6 SMP negeri 1 Probolinggo tahun pelajaran 2012-2013 / Nur Hidayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Inkuiri Terbimbing Numbered Heads Together Motivasi Belajar Hasil Belajar. Berdasarkan hasil studi pendahuluan hasil belajar siswa kelas VIII.6 tahun pelajaran 2012-2013 belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Ulangan pertama rata-rata 68 11 dengan 71% siswa mendapat nilai di bawah KKM dan ulangan kedua rata-rata 73 18 dengan 43% siswa mendapat nilai di bawah KKM. Motivasi belajar siswa yang meliputi indikator perhatian (attention) keterkaitan (relevansi) percaya diri (confidence) dan kepuasan (satisfaction) juga masih rendah. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah pembelajaran inkuiri terbimbing melalui strategi kooperatif Numbered Heads Together. Inkuiri terbimbing adalah proses pembelajaran yang diawali dari merumuskan masalah mengajukan hipotesis mengumpulkan data menganalisis data dan menyusun kesimpulan dengan bimbingan guru. Pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu tahap penomoran (numbering) tahap pengajuan pertanyaan atau masalah (questioning) tahap berpikir bersama (heads together) dan tahap menjawab pertanyaan (answering). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan dengan alokasi waktu masing-masing pertemuan 2x40 menit. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Probolinggo tahun pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan Nopember 2012. Motivasi belajar siswa diketahui dari angket dan lembar observasi motivasi belajar siswa yang terdiri 4 indikator yaitu perhatian (attention) keterkaitan (relevansi) percaya diri (confidence) dan kepuasan (satisfaction). Hasil belajar siswa diketahui dari observasi hasil belajar psikomotorik dan tes hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata persentase hasil observasi motivasi belajar siswa sebesar 9.26% dari siklus I sebesar 68.12% dengan kategori baik menjadi 77.38% dengan kategori baik pada siklus II dan peningkatan rata-rata hasil angket motivasi belajar siswa sebelum diberi tindakan siklus I yaitu 3.36 dengan taraf keberhasilan baik menjadi 4.03 setelah diberi tindakan siklus II dengan taraf keberhasilan sangat baik. Peningkatan motivasi belajar siswa pada masing-masing indikator yaitu perhatian (attention) meningkat 18.54% keterkaitan (relevansi) meningkat 0.91% percaya diri (confidence) meningkat 3.96% dan kepuasan (satisfaction) meningkat 13.63%. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan 21.42% dari siklus I sebesar 76.57 dengan ketuntasan klasikal sebesar 64.29% menjadi 82.32 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85.71% pada siklus II dan peningkatan rata-rata persentase hasil belajar psikomotorik dari 82.11% pada siklus I meningkat menjadi 83.87% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing melalui strategi kooperatif Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Probolinggo tahun pelajaran 2012-2013. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan disampaikan saran-saran yaitu (1) guru bisa menerapkan pembelajaran ini pada kelasnya sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (2) guru hendaknya memiliki pemahaman yang kongkret mengenai pembelajaran inkuiri terbimbing melalui strategi kooperatif Numbered Heads Together sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran di kelas dan (3) guru yang akan menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing melalui strategi kooperatif Numbered Heads Together perlu merencanakan dengan matang dan mempertimbangkan alokasi waktu agar pelaksanaan pembelajaran sesuai rencana.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62570 |
Actions (login required)
View Item |