Setiawan, Daris Wibisono (2013) Strategi penyampaian isi pembelajaran mata pelajaran IPS di SMK Negeri 1 Grujugan Bondowoso / Daris Wibisono Setiawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Daris Wibisono Setiawan. 2012. Strategi Penyampaian Isi Pembelajaran Mata Pelajaran IPS di SMK Negeri 1 Grujugan Bondowoso. Tesis Malang Program Studi Pendidikan Dasar IPS Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Prof. Dr. Ruminiati M.Si. Kata Kunci strategi penyampaian isi IPS Pembelajaran IPS dalam pendidikan sampai saat ini masih terdapat keluhan yang ditunjukkan oleh sikap pasif siswa dalam mengikuti pelajaran. Hal tersebut terjadi karena salah satu faktornya karena guru kurang kreatif dalam pembelajaran. Proses pembelajaran IPS di SMK yang konvensional dan berlangsung terus menerus dari tahun ke tahun menjadikan IPS sebagai materi pelajaran yang terpinggirkan disamping disiplin ilmu yang lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan strategi penyampaian isi yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran IPS di SMK Negeri 1 Grujugan Bondowoso (2) mengetahui media yang diterapkan guru dalam pembelajaran IPS di SMK Negeri 1 Grujugan Bondowoso dan (3) mengetahui kendala-kendala yang dialami oleh guru dalam penyampaian isi pembelajaran mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang membutuhkan kedalaman penghayatan terhadap interaksi antara konsep atau analisis secara mendalam tentang hubungan-hubungan konsep yang dikaji secara empirik. Di dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan beberapa metode seperti (a) observasi (b) dokumentasi dan (c) wawancara mendalam. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru menggunakan metode pembelajaran seperti metode ceramah metode diskusi dan metode penugasan. Penggunaan metode tersebut sering dilaksanakan oleh guru karena dianggap lebih efektif dalam menyampaikan materi ajar kepada siswa mengingat alokasi jam pelajaran IPS yang sedikit. Disamping itu penggunaan metode ceramah diskusi dan penugasan diyakini oleh guru menjadi solusi yang baik mengingat latar belakang keterbatasan kemampuan ekonomi orang tua yang membuat siswa tidak mempunyai buku materi pelajaran dan LKS IPS sebagai pendukung pembelajaran (2) guru menggunakan media yang konvensional seperti peta gambar pahlawan dan alat peraga lain yang dibuat oleh guru dan disesuaikan dengan materi yang disampaikan. Sementara itu guru IPS kurang maksimal dalam memanfaatkan fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah sebagai media pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan guru khususnya dalam penggunaan sarana dan prasarana yang berbasis tekhnologi informasi sebagai media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran dikelas dan (3) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penerapan strategi penyampaian isi pembelajaran IPS adalah (a) guru IPS satu-satunya di SMK Negeri 1 Grujugan tersebut tidak berlatar pendidikan IPS (b) keterbatasan kemampuan ekonomi orang tua sehingga siswa tidak mempunyai buku materi pelajaran dan LKS IPS (c) waktu/ jam pelajaran IPS terlalu sedikit jika dibandingkan dengan materi IPS yang sangat luas (d) tidak adanya laboratorium IPS di SMK Negeri 1 Grujugan dan (f) rendahnya motivasi belajar dan dukungan siswa dari orang tua. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam menerapkan strategi penyampaian isi pembelajaran IPS di SMK Negeri 1 Grujugan guru hanya menggunakan metode ceramah terkadang dengan metode diskusi dan metode penugasan guru kurang maksimal dalam memanfaatkan fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah sebagai media pembelajaran sehingga mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai. Hasil penelitian ini diharapkan dapat sebagai masukan yang positif bagi guru didalam menyampaikan strategi pembelajaran IPS. Guru juga disarankan untuk selalu aktif dalam mengikuti kegiatan seminar/diklat/pelatihan/workshop yang berhubungan dengan peningkatan kualitas kompetensi guru dalam pembelajaran IPS. Disamping itu hasil penelitian ini diharapkan bisa sebagai bahan penelitian selanjutnya untuk melakukan penelitian sejenis dengan lokasi penelitian yang berbeda sehingga terdapat kesinambungan kesimpulan tentang strategi penyampaian isi pembelajaran mata pelajaran IPS khususnya dalam satuan pendidikan SMK.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62569 |
Actions (login required)
View Item |