Pengembangan model instrumen asesmen autentik pada mata pelajaran IPA kelas IV berbasis pendidikan karakter di SDN Bandulan 04 Kota Malang / Rika Mellyaning Khoiriya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model instrumen asesmen autentik pada mata pelajaran IPA kelas IV berbasis pendidikan karakter di SDN Bandulan 04 Kota Malang / Rika Mellyaning Khoiriya

Khoiriya, Rika Mellyaning (2013) Pengembangan model instrumen asesmen autentik pada mata pelajaran IPA kelas IV berbasis pendidikan karakter di SDN Bandulan 04 Kota Malang / Rika Mellyaning Khoiriya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci asesmen autentik pembelajaran IPA SD pendidikan karakter Pembelajaran IPA di sekolah dasar menekankan pada aspek kemampuan berpikir secara kognitif afektif dan psikomotor sebagai indikator pencapaian hasil dan proses belajar siswa secara komprehensif. Indikator pencapaian ditentukan melalui penilaian. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh bahwa guru dalam melakukan teknik penilaian hasil belajar masih menggunakan jenis soal pilihan ganda maupun soal uraian. Karakter IPA yang sekaligus sikap ilmiah yang diterapkan kurang dapat diukur karena guru tidak menyusun instrumen penilaian dengan tepat. Instrumen yang dapat mengukur proses da n hasil belajar siswa secara komprehensif dengan menggunakan model instrumen asesmen autentik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan perangkat model instrumen asesmen autentik pada mata pelajaran IPA Kelas IV berbasis pendidikan karakter dan (2) melakukan uji validitas efektivitas keterterapan dan keterbacaan perangkat model instrumen asesmen autentik pada mata pelajaran IPA Kelas IV berbasis pendidikan karakter. Model pengembangan yang digunakan adalah Borg Gall dan Harsiati. Prosedur pengembangan terdiri dari studi pendahuluan perencanaan pengembangan instrumen validasi produk validasi lapangan uji coba produk dan produk akhir. Subjek coba penelitian adalah ahli materi ahli evaluasi pembelajaran ahli pendidikan karakter guru SD dan siswa kelas IV sebanyak 35 orang. Hasil penilaian validasi ahli materi diperoleh skor 96% validasi ahli evaluasi pembelajaran diperoleh skor 96% ahli pendidikan karakter diperoleh skor 90% dan telaah guru diperoleh hasil 80%. Hasil validasi oleh ahli dan telaah guru dikategorikan layak digunakan. Hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor diperoleh skor 86% tuntas belajar individu dan klasikal . Aspek pendidikan karakter/sikap ilmiah sebagian besar dalam kategori MB (Mulai Berkembang) dan MT (Mulai Tampak). Hasil tanggapan siswa terhadap keterterapan pembelajaran diperoleh 35 siswa atau 100% merasa senang dan antusias mengikuti pembelajaran. Guru senang dan mudah melaksanakan pembelajaran karena petunjuk dapat dipahami dan dilaksanakan dengan mudah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model instrumen asesmen autentik pada mata pelajaran IPA kelas IV berbasis pendidikan karakter di SDN Bandulan 04 Kota Malang valid dan efektif diterapkan. Disarankan agar guru membaca pedoman atau petunjuk penggunaan RPP dengan baik mengembangkan aspek pendidikan karakter/sikap ilmiah berdasarkan analisis kebutuhan sekolah masing-masing produk dapat dikembangkan pada mata pelajaran lainnya dan produk dapat dikembangkan sesuai dengan pengetahuan dan kemudahan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62568

Actions (login required)

View Item View Item