Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran IPS (studi empiris pada siswa kelas IV SDN Kendalrejo 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar) / Putri Rachmadyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran IPS (studi empiris pada siswa kelas IV SDN Kendalrejo 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar) / Putri Rachmadyanti

Rachmadyanti, Putri (2013) Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran IPS (studi empiris pada siswa kelas IV SDN Kendalrejo 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar) / Putri Rachmadyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Pembelajaran IPS Multimedia Interaktif Perkembangan teknologi berpengaruh dalam dunia pendidikan ditandai dengan semakin bertambahnya sekolah yang menggunakan komputer atau laptop dalam pembelajaran. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SDN Kendalrejo 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar ditemukan bahwa pembelajaran yang dilakukan masih mengacu pada buku teks dengan kata lain bahan ajar yang digunakan hanya buku teks. Guru belum pernah mempergunakan multimedia untuk matapelajaran IPS padahal di sekolah tersebut terdapat fasilitas multimedia. Berdasarkan angket yang diberikan pada siswa hanya7 dari 19 siswa yang menyukai pelajaran IPS. Hal ini menandakan bahwa 63% siswa kelas IV kurang menyukai pelajaran IPS. Alasan siswa kurang menyukai IPS dikarenakan materi IPS banyak membutuhkan hafalan dan siswa malas membaca sehingga siswa menganggap IPS itu sulit. Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus tentu berdampak kurang baik dalam kaitannya dengan kualitas pembelajaran IPS. Karakteristik siswa yang menyukai pembelajaran dengan gambar- gambar permainan dan komputer menginspirasi peneliti untuk mengembangkan pembelajaran berbasis multimedia interaktif. sehingga diharapkan dari adanya pengembangan pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini dapat menarik perhatian siswa untuk lebih aktif dan komunikatif baik dengan guru maupun sesama siswa. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menguji kelayakan produk multimedia interaktif untuk pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (SD). Kelayakan produk meliputi tingkat validitas keefektifan keterterapan dan daya tarik. Poduk yang dihasilkan berupa multimedia interaktif dan petunjuk penggunaaan untuk guru dan siswa. Model pengembangan produk adalah model ASSURE. Model ini dipilih karena sesuai dengan penelitian pengembangan ini yang menggunakan konsep teknologi dalam membuat produk berupa multimedia interaktif. Model ASSURE memiliki beberapa langkah yaitu (1) menganalisis karaktristik siswa (2) menentukan tujuan pembelajaran (3) memilih metode bahan dan strategi (4) menggunakan bahan metode dan strategi dalam pembelajaran (5) melibatkan siswa dalam pembelajaran (6) evaluasi. Hasil uji coba lapangan menunjukkan dengan multimedia interaktif ini memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi siswa baik dari segi keefektifan keterterapan maupun daya tarik. Akhirnya setelah melalui beberapa revisi dihasilkan produk akhir yang dikemas dalam Compact Disc (CD) yang terdiri dari 2 seri yaitu Seri Ayo Belajar Kebudayaan Jawa Timur dan Ayo Belajar Sejarah Jawa Timur disertai petunjuk penggunaan bagi siswa dan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62567

Actions (login required)

View Item View Item