Peran guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa mata pelajaran IPS di SMK Negeri Kabupaten Ponorogo / Mujiatin Setyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa mata pelajaran IPS di SMK Negeri Kabupaten Ponorogo / Mujiatin Setyana

Setyana, Mujiatin (2013) Peran guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa mata pelajaran IPS di SMK Negeri Kabupaten Ponorogo / Mujiatin Setyana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci peran guru pembelajaran IPS keterampilan sosial. Kehidupan abad-21 menuntut sejumlah keterampilan yang harus dimiliki oleh semua warga negara. Oleh karena itu menuntut sekolah untuk menyiapkan anak didik agar memiliki sejumlah keterampilan yang diperlukan untuk dapat hidup di abad-21. Hal ini menuntut peran guru untuk mengembangkan keterampilan yang ada pada diri anak. Dalam mata pelajaran IPS maka guru IPS harus bisa mengembangkan keterampilan-keterampilan yang dimiliki oleh anak didik terutama keterampilan sosial. Dengan keterampilan sosial inilah diharapkan anak didik dapat hidup sesuai dengan tuntutan abad-21. Oleh karena itu menuntut peran guru untuk mengembangkan keterampilan sosial terutama dalam mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan 1) pemahaman guru tentang keterampilan sosial pada mata pelajaran IPS di SMK Negeri Kabupaten Ponorogo 2) peran guru-guru IPS di SMK Negeri Kabupaten Ponorogo dalam merancang pembelajaran IPS yang mengembangkan keterampilan sosial siswa 3) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru IPS di SMK Negeri Kabupaten Ponorogo yang dapat mengembangkan keterampilan sosial 4) penilaian yang dilakukan guru-guru di SMK Negeri Kabupaten Ponorogo pada mata pelajaran IPS yang mengembangkan keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Teknik yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan kepada guru untuk mengetahui pemahaman tentang keterampilan sosial siswa wawancara kepada waka kurikulum untuk mengetahui cara penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran wawancara dengan siswa untuk mengetahui pendapat siswa tentang pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Observasi dilakukan untuk mengetahui secara langsung pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran IPS di kelas sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengetahui dokumen rencana pelaksaanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemahamam guru tentang keterampilan sosial dalam mata pelajaran IPS kurang sehingga dalam merancang pembelajaran guru banyak yang mengajarkan pemahaman konsep kurang mengembangkan pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan sosial 2) Dalam merancang pelaksanaan pembelajaran yaitu RPP tujuan yang dirumuskan dan pemilihan model pembelajaran yang ditentukan belum mengarah pada pengembangan keterampilan sosial 3) Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPS yang dilakukan oleh guru belum sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru terutama untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa. Pembelajaran yang dilakukan guru cenderung teacher centered belum mengarah ke student centered sehingga tidak banyak mengembangkan keterampilan sosial dan penggunaan model pembelajaran cooperative learning belum maksimal 4) Penilaian yang dilakukan oleh guru IPS lebih cenderung penilaian dengan tes pada jenjang kognitif atau pemahaman sedangkan penilaian afektif dan psikomotor diabaikan oleh guru. Untuk dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa dalam mata pelajaran IPS maka guru IPS harus 1) meningkatkan kualitas pembelajaran melalui diklat 2) menyusun rancangan pelaksanaan pembelajaran dengan menentukan tujuan dan model pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan sosial 3) melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran cooperative learning 4) mengadakan penilaian mata pelajaran IPS tidak hanya pada ranah kognitif tetapi ranah afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62566

Actions (login required)

View Item View Item