Siswoyo, Andika Adinanda (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME) (studi empiris pada siswa kelas V SDN Sempusari 1 Jember tahun akademik 2012/2013) / Andika Adinanda Siswoyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan perangkat pembelajaran pendekatan RME model 4D. Pentingnya peranan matematika dalam kehidupan sehingga perlu peningkatan kualitas pembelajaran matematika dari segi proses dan hasil. Pada KTSP 2006 geometri dan pengukuran menyumbangkan 40% kompetensi. Namun demikian hasil Pembelajaran geometri di SD baik dalam penguasaan bahan pembelajaran maupun kemampuan berfikir tentang geometri masih kurang memuaskan. Tersedianya perangkat pembelajaran yang sesuai sebagai sumber belajar sangat diperlukan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga berimplikasi terhadap ketercapaian tujuan instruksional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis RME materi volume kubus dan balok yang valid praktis dan efektif. Model yang digunakan dalam pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah model Thiagarajan yang lebih dikenal dengan model 4D terdiri dari (i) tahap Define (pendefinisian) (ii) tahap Design (perancangan) (iii) tahap Develop (pengembangan) (iv) tahap Disseminate (penyebaran). Namun tahap penyebaran tidak dilakukan karena membutuhkan eksperimen lebih lanjut. Pengembangan perangkat pembelajaran pada tahap Design (perancangan) dikembangkan draft awal perangkat pembelajaran berupa RPP dan Modul berbasis RME serta instrumen penelitian berupa (i) lembar validasi RPP (ii) lembar validasi modul (iii) lembar observasi aktivitas siswa (iv) lembar observasi keterlaksanaan pernagkat pembelajaran dan (v) angket respon siswa. Sebelum instrumen ini digunakan terlebih dahulu di konsultasikan dengan dosen pembimbing sehingga instrumen yang dikembangkan valid untuk digunakan dalam uji coba lapangan terhadap perangkat pembelajaran matematika berbasis RME. Tahap pengembangan memuat uji coba produk meliputi (i) uji validasi untuk menilai perangkat pembelajaran berbasis RME (ii) uji keterbacaan dan (iii) uji coba lapangan untuk menilai kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis RME. Hasil uji validasi RPP dan Modul oleh dua orang validator adalah 4 55 dan 4 3 dan memenuhi kategori valid. Hasil uji coba lapangan untuk kepraktisan perangkat pembelajaran rata-rata dari kelima pertemuan keterlaksanaan perangkat pembelajaran 4 35 dan termasuk kategori tinggi. Untuk keefektifan perangkat pembelajaran meliputi (i) hasil belajar siswa 8805 70 (ii) aktivitas siswa aktif dan (iii) respon positif siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 83 3% terdapat 4 siswa yang tidak tuntas atau sekitar 16 6%. Aktivitas siswa di tiap pertemuan mencapai rata-rata 77 1 % dan memenuhi kategori aktif. Respon siswa di akhir pembelajaran mencapai skor 4 2 dan memenuhi kategori positif. Dari ketiga aspek tersebut maka dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis RME memenuhi kategori efektif. Produk pengembangan ini sudah dilakukan revisi-revisi kecil sesuai dengan saran ahli guru kelas V SDN Sempusari 1 serta masukan-masukan dari siswa selama pelaksanaan uji coba. Namun untuk lebih meningkatkan kualitas perangkat pembelajaran bila hendak dikembangkan lebih lanjut sebaiknya dikembangkan dengan materi yang lain dalam mata pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62565 |
Actions (login required)
View Item |