Ningamah, Ulfa Ajrun (2013) Peningkatan keterampilan wawancara dengan narasumber dengan media video pada siswa kelas V di SDN Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung tahun 2012/2013 / Ulfa Ajrun Ningamah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ningamah Ulfa Ajrun. 2013. Peningkatan Keterampilan Wawancara dengan Narasumber dengan Media Video pada Siswa Kelas V di SDN Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun 2012/2013. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. Kata kunci wawancara dengan narasumber media video SD. Hasil wawancara dan observasi awal di SDN Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung ditemukan bahwa dalam pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan siswa kurang dilatih kemampuan berbicaranya. Hasil kemampuan berbicara siswa pada semester II rata-rata masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran wawancara dengan narasumber dengan media video (2) meningkatkan proses belajar siswa pada pembelajaran wawancara dengan narasumber dengan media video. Penelitian dengan menggunakan media video dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan wawancara dengan narasumber yang dilakukan dengan mendatangkan narasumber asli. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan kemampuan wawancara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas V SDN Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara kritis kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa pada siklus I dari 18 siswa 9 siswa yang mencapai kualifikasi sangat baik 7 siswa baik 2 siswa cukup dan tidak ada siswa yang mendapat kualifikasi kurang dan sangat kurang. Sedangkan pada siklus II dari 18 siswa 11 siswa yang mencapai kualifikasi sangat baik dan 7 siswa baik. Peningkatan nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa dari pra tindakan ke siklus 1 sebesar 15% sedangkan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 8%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kemampuan wawancara dengan narasumber dengan media video siswa kelas V SDN Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung meningkat. Saran-saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini diantaranya guru kelas V pelajaran Bahasa Indonesia disarankan agar dalam proses pembelajaran dapat menerapkan pembelajaran yang dapat mengaktifkkan siswa dalam belajar yang salah satunya adalah dengan media video. Media video merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga menimbulkan motivasi belajar selain itu media video juga memiliki manfaat yang antara lain mengatasi sikap pasif siswa menimbulkan kegairahan belajar memberikan rangsangan yang sama menyamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama dalam pembelajaran. Melalui penelitian ini diharapkan memberikan masukan kepada para guru untuk senantiasa menggunakan media dan teknik pembelajaran yang kreatif sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa terutama pada aspek berbicara.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62564 |
Actions (login required)
View Item |