Penggunaan model carousel feedback untuk meningkatkan hasil belajar materi peta pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Madiun / Nanin Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model carousel feedback untuk meningkatkan hasil belajar materi peta pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Madiun / Nanin Kusuma

Kusuma, Nanin (2013) Penggunaan model carousel feedback untuk meningkatkan hasil belajar materi peta pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Madiun / Nanin Kusuma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Carousel Feedback Hasil Belajar Peta. Pembelajaran yang memberikan pembelajaran aktif membangun pengetahuan geografi secara bermakna dapat terwujud dalam pembelajaran kooperatif. Salah satu pembelajaran kooperatif adalah model Carousel Feedback. Hasil belajar yang kurang maksimal ditandai dengan nilai pada materi Peta yang berada di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sekitar 60% dari seluruh siswa. Dari 23 siswa ada 14 anak yang belum bisa mencapai KKM. Jadi penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPS 1 karena kelas ini mempunyai nilai yang tidak seimbang. Ada anak yang mempunyai nilai tinggi sekali melebihi KKM tetapi ada beberapa anak yang mempunyai nilai sangat jauh di bawah KKM. Dari data yang ada dapat diketahui terdapat 4 anak yang mempunyai nilai di atas 90 dan terdapat 4 anak yang mempunyai nilai di bawah 50. Kelas ini rata-rata siswanya mempunyai kecenderungan belajar secara individu. Keprihatinan ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang difokuskan pada (1) komponen-komponen peta (2) proyeksi peta. Pembelajaran Kooperatif model Carousel Feedback merupakan salah satu strategi pembelajaran yang penyajiannya di kelas diupayakan agar siswa aktif membangun pengetahuannya sendiri. Model Carousel Feedback model diterapkan pada siswa dengan pembentukan kelompok yang berpindah dari satu kelompok ke kelompok lain sehingga akan menghasilkan umpan balik.Pengetahuan selanjutnya di bangun oleh siswa dengan cara bekerja sama dengan teman dalam satu kelompok. Setiap siswa di tuntut untuk saling bekerja sama. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa siswa merasa senang dengan pembelajaran kooperatif model Carousel Feedback. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas dan sikap antusias mereka ketika mengerjakan soal-soal materi peta. Hasil belajar siswa yang di ukur melalui tes individu setiap awal dan akhir siklus telah menunjukkan bahwa siswa telah memahami materi dengan baik. Pemahaman siswa terhadap materi peta juga dapat dilihat dari pekembangan ketuntasan hasil belajar siswa setiap awal dan akhir tindakan mengalami kemajuan. Perolehan kenaikan ketuntasan hasil belajar pada pre tes dan post tes pada siklus 1 adalah 4% dan naik 9% pada perolehan ketuntasan hasil belajar pada pre tes dan post tes siklus 2. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan pembelajaran sebagai berikut (1) menjadikan pembelajaran kooperatif model Carousel Feedback sebagai suatu pembelajaran alternatif yang layak dipertimbangkan (2) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bahasan berikutnya yaitu teknik pembuatan peta.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62563

Actions (login required)

View Item View Item