Perilaku belajar siswa pada saat pelajaran sosiologi berbasis Teknologi Informasi (TI) di SMA Negeri 1 Probolinggo (studi kasus di SMA Negeri 1 Probolinggo) / Abd. Wafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku belajar siswa pada saat pelajaran sosiologi berbasis Teknologi Informasi (TI) di SMA Negeri 1 Probolinggo (studi kasus di SMA Negeri 1 Probolinggo) / Abd. Wafi

Wafi, Abd. (2013) Perilaku belajar siswa pada saat pelajaran sosiologi berbasis Teknologi Informasi (TI) di SMA Negeri 1 Probolinggo (studi kasus di SMA Negeri 1 Probolinggo) / Abd. Wafi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wafi. Abd. 2013. Perilaku Belajar Siswa pada saat Pelajaran Sosiologi Berbasis Teknologi Informasi (IT) di SMA Negeri 1 Probolinggo (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Probolinggo). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar IPS Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. (II) Dr. Ach Amirudin M.Pd. Kata Kunci perilaku belajar teknologi informasi (IT) hasil belajar. Pesatnya perkembangan teknologi informasi terutama dalam dunia pendidikan mempermudah siswa dan guru dalam mengakses informasi. Namun di balik kemudahan tersebut ada beberapa perilaku siswa yang kurang maksimal dalam memanfaatkan fasilitas yang ada dalam praktek pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti perilaku siswa di kelas saat proses pelajaran sosiologi berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan proses pembelajaran sosiologi berbasis teknologi informasi di kelas XI-IS SMA Negeri 1 Probolinggo 2) mendeskripsikan perilaku belajar siswa dalam menerima dan merespon pelajaran sosiologi berbasis teknologi informasi 3) mendeskripsikan dampak perilaku siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kualitatif. Dalam hal ini peneliti adalah sebagai instrumen utama. Dalam mengumpulkan data melalui observasi peneliti menggunakan video recorder pedoman wawancara dan catatan lapangan. Dalam penelitian ini triangulasi sumber data triangulasi metode diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran sosiologi sudah menggunakan teknologi informasi sebagai media pembelajaran. Hal ini terlihat dari guru yang menyampaikan materi pelajaran sosiologi dengan menggunakan power point memberikan tugas pada siswa dan dicari di internet juga tersedianya sarana LCD proyektor televisi komputer area hot spot di dalam kelas. Terkadang masih ada kendala-kendala yang dihadapi seperti listrik padam gangguan pada kabel konektor. Kendala tersebut sangat menyita waktu akan dimulainya pelajaran. Dalam hal ini para guru untuk lebih menguasai dalam hal pembelajaran yang berbasis teknologi informasi agar bisa memberikan yang terbaik dalam mendidik siswa dan mengawasi perilaku siswa saat pembelajaran berlangsung. Pada saat proses pelajaran sosiologi berlangsung ditemukan beberapa perilaku siswa yang peneliti anggap tidak responsif pada pelajaran yaitu dengan memanfaatkan sarana IT seperti jaringan internet (Wifi) dengan membuka facebook main game online BBMan SMS dengan temannya dan mengerjakan tugas di luar pelajaran sosiologi serta Browsing di luar materi sosiologi. Perilaku demikian sangat berdampak terhadap hasil belajar siswa. Sebagaimana terlihat pada hasil ulangan harian siswa dibawah standar nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) kognitif. Sementara pada nilai afektif siswa sudah tercapai akan tetapi peneliti menganggap ada sebuah ketimpangan dalam pemberian nilai afektif. Tuntasnya nilai afektif dalam penilaian tersebut tidak lepas dengan adanya interpretasi guru terhadap keharusan tuntasnya nilai siswa dalam rapot. Sebagai saran perlunya perhatian dari pihak guru dalam memperhatikan posisi tempat duduk siswa dan pemilihan tempat duduk. Kemudian perlu adanya peningkatan sumber daya manusia yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran yang lebih diutamakan adalah peningkatan kreatifitas guru dalam menguasai teknologi informasi sebagai media pembelajaran. Untuk mengantisipasi perilaku yang tidak responsif pada diri siswa terhadap pelajaran sosiologi maka disarankan bagi guru untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menarik minat belajar siswa. Guru sebagai pengganti orang tua di rumah memberikan perhatian yang lebih pada siswa yang bermasalah misalnya dalam keluarga disamping itu juga peran sekolah serta keluarga juga sangat dibutuhkan untuk membangkitkan semangat belajar siswa. Menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Sebaiknya guru dalam memberikan penilaian sesuai dengan apa yang dikerjakan oleh siswa terutama dalam memberikan nilai sikap (afektif). Disarankan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan terhadap permasalahan yang diteliti dengan melakukan pengembangan dalam beberapa hal antara lain pemilihan subyek penelitian diambil dari beberapa lokasi. Diharapkan pada penelitian lanjutan akan mengkaji perilaku belajar siswa baik mereka berada di ruang kelas maupun di luar ruang kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62558

Actions (login required)

View Item View Item