Penerapan model pembelajaran carousel feedback untuk meningkatkan hasil belajar dan efikasi diri (studi pembelajaran IPS pada siswa kelas VI SDN Bandungrejosari 3 Malang) / Elsinora Mahananingtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran carousel feedback untuk meningkatkan hasil belajar dan efikasi diri (studi pembelajaran IPS pada siswa kelas VI SDN Bandungrejosari 3 Malang) / Elsinora Mahananingtyas

Mahananingtyas, Elsinora (2013) Penerapan model pembelajaran carousel feedback untuk meningkatkan hasil belajar dan efikasi diri (studi pembelajaran IPS pada siswa kelas VI SDN Bandungrejosari 3 Malang) / Elsinora Mahananingtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Carousel Feedback hasil belajar efikasi diri dan IPS SD. Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia yang berkualitas hendaknya memiliki kemampuan keterampilan sosial keterampilan berfikir dan efikasi diri yang baik. Penerapan pembelajaran seharusnya mendorong siswa agar lebih aktif dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi namun pada prakteknya penerapan pembelajaran kurang mendorong pada pencapaian kepercayaan pada diri siswa. Siswa malu jika diminta untuk mengemukakan pendapatnya tidak mau maju jika diminta untuk mempresentasikan hasil kerjanya tidak memberikan komentar masukan dan saran kepada teman yang mempresentasikan hasil kerjanya. Berdasarkan masalah tersebut model pembelajaran yang cocok diterapkan pada pembelajaran IPS yaitu model pembelajaran Carousel Feedback. Model Pembelajaran Carousel Feedback adalah strategi yang menyediakan kesempatan bagi siswa bekerja dalam kelompok untuk mendiskusikan dan memahami tentang isu-isu kunci masalah dan konsep dengan mengingat fakta keyakinan informasi dan/atau kesepakatan kunci. Selama proses ini siswa bekerja sama untuk menghasilkan tanggapan terhadap pertanyaan yang diajukan oleh guru dan merenungkan tanggapan yang dihasilkan oleh sesama siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Carousel Feedback untuk meningkatkan hasil belajar dan efikasi diri siswa pada pembelajaran IPS kelas VI SDN Bandungrejosari 3 Malang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengambil subjek penelitian kelas VI sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data observasi wawancara tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah RPP lembar observasi angket efikasi diri siswa angket model pembelajaran pre-tes dan post-test pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan selama dan setelah pengumpulan data. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif adalah tentang hasil belajar siswa pre-test dan post-test dan data efikasi diri siswa menggunakan skala efikasi diri sedangkan data kualitatif berupa catatan observasi dokumen hasil belajar siswa dan dokumentasi foto-foto kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini dapat ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran Carousel Feedback dapat meningkatkan hasil belajar dan efikasi diri siswa kelas VI SDN Bandungrejosari 3 Malang. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa 40% siklus I manjadi 77% pada siklus II dan 100% pada siklus III. Nilai rata-rata pada peningkatan efikasi diri siswa 22 8% siklus I menjadi 45 7 % pada siklus II dan 85 7% pada siklus III. Penerapan model pembelajaran Carousel Feedback untuk maningkatkan hasil belajar dan efikasi diri siswa SDN Bandungrejosari 3 Malang dapat tercapai. Disarankan penerapan model pembelajaran Carousel Feedback dilakukan sebelum penelitian secara berulang-ulang oleh guru sebelum itu pula guru telah dibekali dan diberi penjelasan secara jelas mengenai model yang akan diterapkan sehingga pada saat penelitian siswa tidak bingung dan ribut dengan perputaran kelompok. Peningkatan KKM dari 65 ke 70 untuk mata pelajaran IPS. Dorongan dan motivasi kepada siswa agar memiliki efikasi diri yang tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62555

Actions (login required)

View Item View Item