Pemanfaatan kartu kwartet untuk meningkatkan minat baca, hasil belajar IPS dan keterampilan menyusun portofolio pada siswa kelas 5 SDN Nguling III Kabupaten Pasuruan / Riefka Iesna Habiba - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan kartu kwartet untuk meningkatkan minat baca, hasil belajar IPS dan keterampilan menyusun portofolio pada siswa kelas 5 SDN Nguling III Kabupaten Pasuruan / Riefka Iesna Habiba

Habiba, Riefka Iesna (2012) Pemanfaatan kartu kwartet untuk meningkatkan minat baca, hasil belajar IPS dan keterampilan menyusun portofolio pada siswa kelas 5 SDN Nguling III Kabupaten Pasuruan / Riefka Iesna Habiba. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahjoedi ME (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. M.Sc. Kata kunci kartu kwartet minat baca hasil belajar IPS keterampilan menyusun portofolio. Minat sering diartikan sebagai interest . Minat bisa dikelompokkan sebagai sifat atau sikap (traits or attitude) yang memiliki kecenderungan atau tendensi tertentu. Minat tidak bisa dikelompokkan sebagai pembawaan tetapi sifatnya bisa diusahakan dipelajari dan dikembangkan. Membaca merupakan suatu proses menangkap atau memperoleh konsep-konsep yang dimaksud oleh pengarangnya menginterpretasi mengevaluasi konsep-konsep pengarang dan merefleksikan atau bertindak seperti yang dimaksud dalam konsep itu. Hasil belajar merupakan keluaran (outputs) dari suatu sistem pemrosesan masukan (input). Masukan dari sistem tersebut berupa bermacam-macam informasi. Sedangkan keluarannya adalah perbuatan atau kinerja (performance). Tujuan penelitian ini adalah 1) meningkatkan minat baca siswa dengan memanfaatkan kartu kwartet 2) meningkatkan kemampuan memahami materi pelajaran IPS kelas 5 dengan memanfaatkan kartu kwartet 3) menyusun portofolio sesuai dengan materi kartu kwartet. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas untuk menjawab pertanyaan diatas. Dalam hal ini peneliti termasuk instrumen yang terlibat langsung dalam proses penelitian. Peneliti mengumpulkan data dengan observasi angket dan pengamatan langsung. Dalam penelitian ini sumber data data dan metodologi diterapkan untuk mengecek kebenaran data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas 5A sebelum perlakuan adalah 48 9. Sedangkan kelas 5B mendapatkan nilai rata-rata 50 1. Nilai rata-rata kelas 5A setelah perlakuan adalah 77 58 dan nilai rata-rata kelas 5B setelah perlakuan adalah 76 8. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan teknik penguatan mengingat materi melalui memahami teks pendek dengan menggunakan media permainan kartu kwartet lebih efektif dibandingkan pembelajaran menggunakan cara membaca buku teks dan penjelasan dari guru. Sebagian besar dari siswa merasa cocok dengan bentuk permainan yang diberikan sehingga lebih dari setengah jumlah siswa tersebut menginginkan ada cara pengajaran baru. Seluruh siswa berpendapat bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan yang diberikan dalam pembelajaran IPS khususnya materi Pahlawan Nasional sangat membantu dan siswa menganggap pembelajaran dengan media permainan lebih menarik dibandingkan dengan teknik membaca buku teks yang konvensional. Dari analisis data di atas dapat diketahui bahwa media permainan kartu kwartet lebih meningkatkan minat baca hasil belajar IPS serta keterampilan menyusun portofolio pada siswa kelas 5 SDN Nguling III Kabupaten Pasuruan. Untuk membiasakan siswa belajar sportif dan adil guru harus sebisa mungkin dapat menghargai apapun bentuk informasi yang diungkapkan oleh siswa pada setiap pembelajaran atau dengan kata lain guru harus mampu menanamkan rasa percaya diri dan kejujuran siswa. Dalam menggunakan kartu kwartet guru tidak harus terpaku pada apa yang sudah ditetapkan dalam model pembelajaran tersebut tetapi bisa dan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan yang ada. Disimpulkan bahwa hubungan timbal balik yang baik dari guru dan siswa akan sangat membantu tercapainya suatu pembelajaran yang bermakna bagi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62553

Actions (login required)

View Item View Item