Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatrkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV sekmolah dasar / Sri Yuliyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatrkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV sekmolah dasar / Sri Yuliyanti

Yuliyanti, Sri (2012) Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatrkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV sekmolah dasar / Sri Yuliyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Dasar Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Purwanto Ph.D (2) Dr. Abdul Qohar M.T Kata kunci Pemahaman Konsep Pecahan Realistic Mathematics Education (RME). Pembelajaran yang diterapkan di sekolah selama ini masih cenderung berpusat pada guru atau masih bersifat konvensional siswa tidak diberikan kesempatan untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuan yang telah dimilikinya siswa lebih banyak menerima penjelasan dari guru dan mengerjakan latihan soal yang diberikan guru hanya mentransfer pengetahuan yang dimiliki tanpa ada timbal balik dari siswa karena pembelajaran didominasi oleh guru. Guru juga dalam pembelajarannya di kelas tidak mengaitkan dengan pengetahuan yang dimiliki siswa sehingga siswa banyak menghafal konsep matematika yang diberikan guru dan menyelesaikan masalah secara prosedural. Akibatnya pemahaman siswa terhadap suatu konsep dan penerapan masih rendah. Pembelajaran menggunakan pendekatan RME merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang mengaitkan antara matematika dengan realitas yang ada dapat dibayangkan dan dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari siswa. Langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan realistik ini ada empat yaitu memahami masalah kontekstual menyelesaikan masalah kontekstual membandingkan dan mendiskusikan dan menyimpulkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi pecahan kelas IV dan (2) mendeskripsikan pemahaman siswa kelas IV SDN 6 pringgabaya tentang konsep pecahan melalui penerapan Realistic Mathematics Education (RME). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data tentang kegiatan penelitian dikumpulkan dari hasil observasi wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan RME dilaksanakan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan. Langkah-langkah tersebut antara lain (1) memahami masalah kontekstual yang diberikan yang berkaitan dengan materi pecahan (2) Menyelesaikan masalah kontekstual tentang pecahan secara berkelompok dengan menggunakan dan memodelkan sendiri alat peraga yang disediakan (3) membandingkan dan mendiskusikan hasil pekerjaan siswa dengan meminta salah satu kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya dan (4) menyimpulkan tentang apa yang telah dipelajari dan materi yang didiskusikan. Data dari hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan termasuk pada kategori baik dan sangat baik. Data dari hasil wawancara menunjukkan respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif. Dari hasil tes persentase skor rata-rata dari keseluruhan siswa yang memperoleh skor 8805 65 pada tindakan II sebanyak 26 dari 32 siswa. Dengan peningkatan skor awal sebelum tindakan dan sesudah tindakan menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang materi pecahan meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62550

Actions (login required)

View Item View Item