Rahmawati, Ika (2012) Penerapan metode penemuan terbimbing melalui pemberian bantuan (scaffolding) untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD dalam mata pelajaran matematika / Ika Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program Studi Pendidikan Dasar Matematika SD Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd. (II) Dr. Abdul Qohar MT. Kata Kunci penemuan terbimbing scaffolding sifat-sifat bangun datar. Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang dihadapi oleh siswa kelas V SD Negeri Sukun 2 Malang. Mereka merasa kesulitan dalam memahami materi matematika khususnya materi bangun datar karena mereka menganggap bahwa proses pembelajaran yang kurang begitu menarik bagi mereka. Beberapa siswa pun menyampaikan keluhan bahwa siswa yang kurang mampu dalam proses pemahaman materi tidak memperoleh kesempatan untuk mendapatkan bantuan dari teman yang memiliki kemampuan lebih. Hal ini dikarenakan kebiasaan siswa yang berkemampuan tinggi sering berkumpul dengan sesama siswa yang berkemampuan tinggi pula. Akibatnya beberapa siswa yang merasa kesulitan akan tetap mendapatkan kesulitan karena mereka tidak berkesempatan mendapatkan bantuan baik dari guru maupun teman mereka sendiri. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun pemahaman siswa terhadap materi sifat-sifat bangun datar. Usaha yang dapat dilakukan guru untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan menggunakan LKS dan bahan manipulatif dengan metode penemuan terbimbing melalui pemberian bantuan. Penelitian ini penelitian tindakan kelas dan bertujuan mendeskripsikan penerapan metode penemuan terbimbing melalui pemberian bantuan yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sifat-sifat bangun datar dan dilaksanakan di SD Negeri Sukun 2 Malang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri Sukun 2 Malang. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing melalui pemberian bantuan dapat membangun pemahaman materi sifat-sifat bangun datar siswa kelas VA SD Negeri Sukun 2 Malang dan memiliki beberapa langkah sebagai berikut (1) scaffolding 1 yang meliputi pengamatan fenomena dunia nyata dan presentasi interaktif (2) scaffolding 2 yang meliputi aktivitas memproses pembelajaran pengalaman dunia nyata yang kontekstual pelatihan menemukan (sendiri berkelompok) dengan menggunakan LKS aktivitas dukungan kawan pelatihan hasil pembelajaran dan aktivitas pemecahan masalah serta (3) scaffolding 3 yang meliputi aktivitas penguatan umpan balik dan pelatihan terus menerus. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Berdasarkan hasil tes belajar 1 pada siklus 1 diperoleh 13 dari 42 siswa masih memperoleh nilai kurang dari 65. Berdasarkan hasil tes belajar 2 pada siklus 2 diperoleh 10 dari 42 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 65. Namun pada tes hasil belajar 3 diperoleh 2 dari 42 siswa memperoleh nilai kurang dari 65 dan 1 siswa memperoleh nilai 69.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62548 |
Actions (login required)
View Item |