Pembelajaran kooperatif model STAD - problem solving meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran matematika / Erna Yayuk - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif model STAD - problem solving meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran matematika / Erna Yayuk

Yayuk, Erna (2012) Pembelajaran kooperatif model STAD - problem solving meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran matematika / Erna Yayuk. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D. (II) Dr. Sri Mulyati M.Pd Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif model STAD Problem Solving Kualita s Proses Hasil Belajar Matematika. Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang mampu mengoptimalkan kemampuan siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu dilakukan perubahan cara guru dalam mengajar. Dari pembelajaran matematika yang berorientasi pada guru ke pembelajaran matematika yang berorientasi pada siswa. Pembelajaran matematika yang berorientasi pada siswa menekankan siswa sebagai subyek pembelajaran matematika. Sebagai subyek siswa melakukan berbagai kegiatan untuk dapat memahami suatu konsep maupun algoritma dalam matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) Membuat rancangan pembelajaran dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan Model STAD-Problem Solving dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 8 Dau Malang (2) Mendeskripsikan hasil pelaksanaan pembelajaran dengan Model STAD-Problem Solving dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 8 Dau Malang Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ciri penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) adalah penelitian yang bersiklus. Setiap siklus dilakukan pembelajaran dengan strategi pembelajaran kooperatif model STAD-Problem Solving dengan materi pelajaran Bilangan Bulat. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 8 Dau Malang tahun pelajaran 2011/2012 semester 2. Hasil penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif model STAD-Problem Solving dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah 8 Dau Malang tahun pelajaran 2011/2012. Adapun rancangan pemelajarannya dapat dijelaskan sebagai berikut Fase 1. Persiapan Fase 2. Penyajian Informasi kearah Problem Solving yang meliputi mempresentasikan pokok-pokok materi dan menyajikan contoh problem dan cara pemecahannya. Fase 3. Bekerja kelompok Fase 4. Memberikan Tes/kuis tentang Materi Pelajaran yang meliputi Tes/kuis diberikan secara individu dan tidak diperkenankan untuk saling bekerja sama. Fase 5. Memberikan skor Perkembangan . Fase 6. Memberikan Penghargaan pada Kelompok yang meliputi Penghargaan untuk kelompok bisa berupa tanda mata pujian atau status (misalnya kelompok terbaik dll.)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62547

Actions (login required)

View Item View Item