Penerapan pembelajaran tematik dengan model Webbed untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa kelas III SD / Yunita Wildaniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran tematik dengan model Webbed untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa kelas III SD / Yunita Wildaniati

Wildaniati, Yunita (2012) Penerapan pembelajaran tematik dengan model Webbed untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa kelas III SD / Yunita Wildaniati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Matematika SD Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (II) Dr. Sri Mulyati M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran tematik Model Webbed Komunikasi Matematis Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah yang dihadapi siswa MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya Lampung Timur dalam belajar Matematika yaitu (1) Siswa jarang bertanya karena belum mampu membuat pertanyaan tentang materi yang dipelajari(siswa tidak dilatih bertanya) (2) siswa belum mampu memberikan tanggapan karena belum mampu menjelaskan ide-ide matematis dengan baik(tidak diberi kesempatan menjelaskan dan tidak di latih) (3) ada siswa yang mampu meyelesaikan soal matematika tetapi tidak mengerti apa yang dikerjakannya (4) masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita (5) banyak siswa yang mengalami kesuliatan dalam menyelesaikan soal yang sedikit berbeda dengan contoh yang dibeikan (6)kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dilakukan secara terpisah sehingga membuat siswa kesulitan dalam memahami konsep materi setiap harinya dengan mata pelajaran berbeda. Disisi lain guru tidak pernah memperhatikan kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu penelitian ini berupaya menerapkan model webbed untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik model webbed yang dapat mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Model webbed adalah salah satu model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik yang dalam pembelajarannya menggunakan tema. Tema yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rumahku. Kemampuan komunikasi matematis yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan dalam mengekspresikan ide-ide matematis diantaranya adalah (1) mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar sederhana(segitiga persegi persegipanjang) (2) menentukan sudut pada benda atau bangun datar (3) menerapkan konsep sudut sebagai jarak putar (4) membuat gambar-gambar imajinatif (5) membaca denah sederhana dan (6) membuat cerita berdasarkan pengalaman sendiri atau bantuan gambar.Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penerapan model webbed yang dapat menggukur kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok belajar yang berlatar belakang heterogen (2) Guru menyampaikan tema yang akan digunakan dalam pembelajaran (3) Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai (4) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa (5) Guru memberikan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Kegiatan-kegiatan tersebut juga diharapkan dapat membantu siswa memahami konsep materi yang dipelajari dan membuat siswa merasa senang dalam belajar. Kegiatan ini dilakuakan dengan memperhatikan LKS yang telah dibagikan (6) Membimbing setiap kelompok yang mengalami kesulitan dan (7) Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah model spiral milik Lorenz Bachman. Tahap-tahap penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga diantaranya (1) perencanaan (2) Pelaksanaan dan observasi dan (3) Refleksi. Penerapan model webbed siklus 1dalam penelitian ini dilaksanakan dalam enam kali pertemuan. Masing-masing pertemuan dilaksanakan dalam tiga tahap pembelajaran yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan penutup.Selama kegiatan pembelajaran dilakukan observasi oleh observer. Pelaksanaan tes dilakukan setelah pembelajaran model webbed berakhir yang di lanjutkan dengan wawancara terhadap empat subjek yang telah ditetapkan. Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran model webbed dapat memenuhi ketuntasan belajar maksimal secara klasikal yaitu 100 % siswa telah memperoleh skor 65 atau lebih. Dari hasil belajar siswa diketahui bahwa skor kemampuan komunikasi matematis siswa adalah 56 85 dengan skor maksimal ideal (SMI) 60. Sehingga skor kemampuan komunikasi matematis siswa berada pada level berhasil. Sedangkan untuk proses pembelajaran yaitu hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa prosentase yang diperoleh berturut-turut 95 8% dan 93 7%. Sehingga analisis hasil kegiatan observasi aktivitas guru dan siswa di simpulkan bahwa kegiatan aktivitas guru dan siswa berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan keberhasilan hasil belajar siswa dan proses pembelajaran disimpulkan bahwa pembelajaran tematik model webbed siklus I dikatakan telah berhasil dan tidak perlu dilakukan pembelajaran model webbed siklus II. Dengan demikian berdasarkan data hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model webbed dapat mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62545

Actions (login required)

View Item View Item