Pengaruh penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada siswa SMPN Kota Blitar / MF. Lestari Budi Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada siswa SMPN Kota Blitar / MF. Lestari Budi Utami

Utami, MF. Lestari Budi (2011) Pengaruh penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada siswa SMPN Kota Blitar / MF. Lestari Budi Utami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci keterampilan berpikir kritis pembelajaran berbasis proyek pembelajaran IPA Perubahan paradigma dalam konsep pendidikan IPA adalah mengutamakan keaktifan siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri lebih menekankan proses dalam menemukan fakta dan membangun konsep dan prinsip IPA. Berdasarkan observasi di SMPN 2 Kota Blitar menunjukkan keterampilan berpikir kritis belum pernah diukur dan belum pernah menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek (PBP). Penelitian ini bertujuan (1) Mengkaji pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kritis pada siswa SMPN 2 Kota Blitar (2) Mengkaji pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPA terhadap penguasaan konsep pada siswa SMPN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pre test post test non equivalent control group design yang merupakan pendekatan eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBP berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMPN 2 Kota Blitar sedangkan untuk penguasaan konsep PBP tidak berpengaruh terhadap penguasaan konsep IPA pada siswa SMPN 2 Kota Blitar Temuan pada penelitian ini adalah (1) diperlukan waktu yang lebih lama untuk kelas eksperimen dalam menyelesaikan materi yang sama dibandingkan kelas kontrol (2) presentasi siswa pada kelas eksperimen adalah presentasi hasil investigasi yang merupakan produk siswa sedangkan presentasi pada kelas kontrol merupakan laporan hasil praktikum sehingga siswa kelas eksperimen lebih percaya diri dan dapat berargumen lebih bagus dibanding kelas kontrol (3) dalam kelas eksperimen ada kelompok yang cenderung asyik dengan proyeknya sendiri sehingga perhatiannya mungkin kurang terhadap keseluruhan Konsep dalam KD yang dipelajari. Berdasarkan temuan dari penelitian ini beberapa saran yang dapat diajukan oleh peneliti adalah (1) PBP perlu diimplementasikan dalam mata pelajaran IPA sebagai upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 2 Kota Blitar 2) PBP perlu diimplementasikan dalam mata pelajaran IPA karena ada kecenderungan dapat meningkatkan penguasaan Konsep lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62543

Actions (login required)

View Item View Item