Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan penguatan animasi komputer untuk meningkatkan kemampuan kinerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kediri / Tri Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan penguatan animasi komputer untuk meningkatkan kemampuan kinerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kediri / Tri Wahyudi

Wahyudi, Tri (2011) Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan penguatan animasi komputer untuk meningkatkan kemampuan kinerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kediri / Tri Wahyudi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan IPA SMP Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. Kata kunci animasi komputer inkuiri terbimbing kinerja ilmiah prestasi belajar. Pembelajaran inkuiri terbimbing dengan penguatan animasi komputer memiliki peranan yang penting dalam proses belajar mengajar terutama untuk meningkatkan kemampuan kinerja ilmiah dan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan penguatan animasi komputer 2) meningkatkan kemampuan kinerja ilmiah siswa dengan menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan penguatan animasi komputer 3) meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan penguatan animasi komputer. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Pada setiap siklus diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing dan diakhiri dengan penguatan animasi komputer. Peneliti berperan sebagai instrumen utama dan data penelitian ini adalah data yang dihasilkan oleh peneliti dan siswa selama penelitian berlangsung. Data dikumpulkan melalui observasi menggunakan lembar observasi keterlaksanaan tahap pembelajaran lembar observasi kinerja ilmiah wawancara dan catatan lapangan. Data prestasi belajar siswa diperoleh dari tes dengan menggunakan soal tes prestasi belajar. Dalam penelitian ini triangulasi sumber data data teori dan metodologi diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Data yang diperoleh dianalisis dengan mencari rata-ratanya kemudian dikonversi dalam bentuk persen. Data yang telah dianalisis dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan untuk mengetahui tingkat ketercapaiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Pembelajaran Inkuiri dengan Penguatan Animasi Komputer dapat meningkatkan kemampuan kinerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1Kediri pada pokok bahasan cahaya. Persentase ketercapaian kemampuan kinerja ilmiah siswa pada siklus I sebesar 69 53% sedangkan pada siklus II sebesar 85 68% terjadi kenaikan 16 15%. Nilai rata-rata prestasi belajar mengalami kenaikan 3 58 poin yaitu 80 83 pada siklus I dan 84 41 pada siklus II. Ketuntasan klasikal prestasi belajar pada siklus I sebesar 75 86% belum mencapai ketuntasan klasikal yang ditetapkan sebesar 85%. Pada siklus II ketuntasan klasikal prestasi belajar siswa melampaui ketuntasan klasikal yang ditetapkan sebesar 89 66%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62541

Actions (login required)

View Item View Item