Kurniawati, Rully (2011) Penerapan problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep aktivitas ekonomi dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Bareng 5 Malang / Rully Kurniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf MA Ph. D dan (II) Drs. Suparlan Al Hakim M. Si. Kata kunci pembelajaran Problem Based Learning pemahaman konsep aktivitas ekonomi Pendidikan dapat mengarahkan perjalanan hidup suatu bangsa. Pendidikan adalah cara yang mendasar dalam perkembangan dan reformasi sosial. Masa yang akan datang siswa akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan pemahaman dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa pengajaran IPS selama ini hanya berorientasi pada target penguasaan materi saja sehingga menyebabkan apa yang dipelajari oleh siswa kurang bermakna dan membuat siswa menjadi lebih cepat merasa bosan terhadap kegiatan belajar mengajar IPS. Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti pada guru mata pelajaran IPS tentang konsep aktivitas ekonomi pada siswa kelas IV SDN Bareng 5 Malang sebelum dilakukannya penelitian tindakan kelas siklus I II dan III. Dari pengamatan di lapangan kondisi pemahaman siswa terhadap konsep aktivitas ekonomi dalam pembelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bareng 5 Malang belum mencapai standar yang diharapkan. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan belajar mengajar guru lebih banyak menggunakan metode ceramah mencatat tanya jawab dan pemberian tugas saja. Karena faktor inilah yang membuat siswa merasa jenuh dan kurang bersemangat untuk belajar tentang IPS. Problem Based Learning merupakan salah satu pembelajaran inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa. Problem Based Learning atau PBL adalah suatu pembelajaran inovatif yang melibatkan siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki ketrampilan untuk memecahkan masalah. PBL (Problem Based Learning) dianggap tepat untuk pemahaman konsep karena dengan menggunakan pembelajaran ini siswa dapat menyelesaikan suatu masalah sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki. Sedangkan guru berperan sebagai fasilitator motivator dan membimbing siswa dalam mencari solusi tersebut. Dari latar belakang di atas maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut (1) Bagaimana rancangan pembelajaran IPS dengan Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN Bareng 5 Malang untuk meningkatkan pemahaman konsep aktivitas ekonomi (2) Bagaimana proses pelaksanaan Problem Based Learning (PBL) dikelas IV SDN Bareng 5 Malang untuk meningkatkan pemahaman konsep aktivitas ekonomi(3) Bagaimana hasil belajar dalam pemahaman konsep siswa kelas IV SDN Bareng 5 setelah Problem Based Learning (PBL) diterapkan. Penelitian ini difokuskan pada tindakan-tindakan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep materi pembelajaran pada siswa Kelas IV SDN Bareng 5 Malang. Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan pemecahan masalah yang dimulai dari (1) perencanaan (planning) (2) pelaksanaan (action) (3) pengumpulan data (observing) (4) menganalisis data/informasi untuk memutuskan sejauh mana kelebihan atau kelemahan tindakan tersebut (reflecting). Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan ada beberapa kesimpulan yang dapat diambil yaitu (1 ) Hasil belajar pemahaman konsep aktivitas ekonomi siswa kelas IV SDN Bareng 5 Malang sebelum penerapan Problem Based Learning (PBL) yaitu kurang dari nilai ketuntasan minimal.(2) rancangan pembelajaran yang telah disusun dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) baik pada siklus I siklus II dan siklus III dapat meningkatkan pemahaman konsep aktivitas ekonomi siswa kelas IV SDN Bareng 5 Malang.(3) Pembelajaran IPS dengan Problem Based Learning (PBL) dapat berjalan secara efektif dan lancar. Siswa terlihat antusias untuk mengikuti pembelajaran karena mereka berani untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan menanggapi pendapat kelompok lain yang tidak sesuai dengan pendapat kelompoknya. (4) Hasil belajar pemahaman konsep aktivitas ekonomi siswa kelas IV SDN Bareng 5 Malang setelah penerapan Problem Based Learning (PBL) pada siklus I ke siklus selanjutnya mengalami peningkatan. Ini dapat diketahui dari hasil rata-rata hasil tes belajar siswa pada siklus I yaitu (71 7) sedang pada siklus II yaitu (75 0) sedang pada siklus III yaitu (82 1) baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Apr 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62539 |
Actions (login required)
View Item |