Penggunaan strategi perencanaan refleksi evaluasi (SPRE) dalam pembelajaran kooperatif TPS untuk meningkatkan keterampilan metakognisi, kemampuan berpikir kritis, dan penguasaan konsep IPA siswa kelas VIII D di SMP Negeri 5 Malang / Ida Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan strategi perencanaan refleksi evaluasi (SPRE) dalam pembelajaran kooperatif TPS untuk meningkatkan keterampilan metakognisi, kemampuan berpikir kritis, dan penguasaan konsep IPA siswa kelas VIII D di SMP Negeri 5 Malang / Ida Wahyuni

Wahyuni, Ida (2011) Penggunaan strategi perencanaan refleksi evaluasi (SPRE) dalam pembelajaran kooperatif TPS untuk meningkatkan keterampilan metakognisi, kemampuan berpikir kritis, dan penguasaan konsep IPA siswa kelas VIII D di SMP Negeri 5 Malang / Ida Wahyuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Hedi Sutomo S.U. Kata Kunci Strategi Perencanaan Refleksi Evaluasi (SPRE) pembelajaran kooperatif TPS keterampilan metakognisi berpikir kritis penguasaan konsep IPA. Kehidupan abad ke-21 ditandai oleh masyarakat global yang inter de pen-den dan tuntutan kerja sama yang tinggi di antara anggota-anggotanya dari ber-bagai institusi sosial kompleks. Kemampuan berpikir kritis juga sangat penting untuk memenuhi tuntutan dunia kerja selain keterampilan kooperatif. Berpikir kritis mencakup strategi kognitif yang dihasilkan dari keterampilan dan kemampuan metakognisi. Membangun keterampilan metakognisi dan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan melalui penggunaan strategi pembelajaran di kelas. Observasi awal dan wawancara menunjukkan bahwa penggunaan strategi perencanaan refleksi evaluasi (SPRE) dalam pembelajaran kooperatif TPS belum pernah di lakukan di SMP Negeri 5 Malang. Guru belum pernah melatih kemampuan berpikir kritis dan keterampilan metakognisi siswa. Penelitian dilakukan di kelas VIII D. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa kelas VIII D kurang memiliki keterampilan metakognisi kurang mampu berpikir kritis dan kurang me nguasai konsep IPA. Upaya untuk mengatasi permasalahan di kelas VIII D adalah dengan menggunakan SPRE dalam pembelajaran kooperatif TPS. Strategi Perencanaan Refleksi Evaluasi (SPRE) merupakan suatu strategi metakognisi yang memiliki langkah-langkah 1) perencanaan yaitu dengan melakukan perencanaan diri di awal siklus 2) refleksi dengan melakukan refleksi terhadap penguasaan konsep di setiap akhir pertemuan dan 3) evaluasi dengan melakukan perenungan diri di akhir siklus. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan keterampilan metakognisi mening kat kan kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa kelas VIII D SMP Negeri 5 Malang. Jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari peneliti dan seluruh siswa kelas VIII D SMP Negeri 5 Malang se ba gai subjek penelitian. Instrumen penelitian berupa lem -bar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa tes essay de ngan rubrik keterampilan metakognisi tes berpikir kritis tes penguasaan konsep IPA Inventori keterampilan metakognisi rating scale keterampilan metakognisi angket respons siswa dan catatan lapangan. Data dianalisis secara kualitatif melalui tahap-tahap me reduksi data paparan da ta dan penyimpulan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan meta kog ni-si kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep. Skor dan kategori kete ram-pilan metakognisi siswa ber da sar kan inventori meningkat dari rata-rata 70 pada siklus 1 menjadi 86 pada siklus 2 dan kategori Ok pada siklus 1 menjadi ka te gori Super pada siklus 2. Skor keterampilan metakognisi berdasarkan tes essay de ngan rubrik juga me ningkat dari rata-rata 70 pada siklus 1 menjadi 84 pada si klus 2 dengan kategori tetap yaitu Ok . Peningkatan juga terjadi pada skor dan ka te gori kemampuan berpikir kritis dari hasil tes essay akhir pembelajaran setiap si klus yaitu dari rata-rata 75 pada siklus 1 men jadi 85 pada siklus 2 dan kategori baik pada siklus 1 menjadi ka te gori sangat baik pada siklus 2. Peningkatan terjadi pada skor dan kategori penguasaan konsep dari rata-rata 77 pada si klus 1 menjadi 85 pada siklus 2 dan kategori baik pada siklus 1 menjadi ka te gori sangat baik pada silkus 2. Persentase ketuntasan klasikal meningkat da ri 62% pada siklus 1 menjadi 86% pada siklus 2. Kualitas penguasaan konsep pa da tingkat kognitif tinggi (C4-C5) sebesar 27% lebih meningkat daripada kua litas penguasaan konsep pada tingkat kognitif rendah (C1-C3) sebesar 17%. Sis wa merespons positif dengan skor rata-rata setiap indikator sebesar 4 01 da lam kategori ba ik. Indikator ke ya-kin an memiliki rata-rata tertinggi yaitu 4 15. Siswa sebanyak 70% me nya ta kan se-tuju bahwa pembelajaran yang di te rap kan membuat siswa lebih berpikir kri tis da -lam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan SPRE dalam pembelajaran kooperatif TPS dapat meningkatkan keterampilan metakognisi kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa. Siswa merespons positif terhadap strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Dengan demikian disarankan 1) guru mengembangkan perilaku kooperatif dan ke te -rampilan metakognisi siswa agar menjadi pebelajar yang mandiri 2) pembelajaran hen dak nya bersifat aktif kreatif efektif dan menyenangkan agar dapat mencapai tujuan pem belajaran dengan lebih baik 3) Guru sebaiknya mengembangkan keterampilan me takognisi dan mengukurnya melalui inventrori dan tes essay 4) Semua materi IPA-Biologi SMP dapat diajarkan melalui penggunaan SPRE dalam pembelajaran koo peratif TPS dan mengkombinasikan penggunaan SPRE de ngan strategi lain sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan metakognisi kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62537

Actions (login required)

View Item View Item