Penerapan pembelajaran berbasis inkuiri dengan model the 5 e learning cycle untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang tahun pelajaran 2009/2010 / Rudi Purnomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis inkuiri dengan model the 5 e learning cycle untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang tahun pelajaran 2009/2010 / Rudi Purnomo

Purnomo, Rudi (2011) Penerapan pembelajaran berbasis inkuiri dengan model the 5 e learning cycle untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang tahun pelajaran 2009/2010 / Rudi Purnomo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan IPA SMP Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd Pembimbing (II) Prof. Suhadi Ibnu MA.Ph.D. Kata kunci Inkuiri model The 5E Learning Cycle keaktifan belajar hasil belajar Hasil observasi awal di SMP Negeri 1 Singosari diperoleh bahwa siswa cenderung pasif dan kurang aktif. Pembelajaran cenderung menekankan pada hafalan-hafalan saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar IPA (fisika) siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Singosari tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 31. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan tindakan/observasi evaluasi dan refleksi. Keaktifan siswa diperoleh dari data keterlibatan mereka dalam keberanian bertanya keberanian mengemukakan pendapat dan keberanian mempertanyakan gagasan saat pembelajaran. Hasil belajar meliputi aspek keterampilan belajar aspek psikomotorik dan aspek kognitif yang dipeoleh dari evaluasi (tes) kepada siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data dari hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian tes tertulis kepada siswa penilaian keterampilan belajar dan psikomotorik diperoleh dari pengamatan melalui lembar observasi data analisis kuesioner diperoleh melalui lembar kuesioner. Dari hasil penelitian diperoleh keaktifan saat pembelajaran fisika dimana dari data keterlaksaan oleh guru pada siklus I sebesar 71 56% meningkat pada siklus II sebesar 91 57%. Persentase rata-rata keterlaksanaan tahap pembelajaran oleh siswa pada siklus I sebesar 75 25% meningkat pada siklus II sebesar 90 19%. Pada siklus I rerata pencapaian keaktifan belajar pada ketiga indikator untuk semua siswa pada siklus pertama adalah 24 4 % dan terjadi peningkatan pada siklus ke II sebesar 37 3%. Rerata tertinggi adalah pada indikator keberanian bertanya yaitu pada siklus I sebesar 1 4% meningkat di siklus II menjadi 2 2% keberanian mengemukakan pendapat pada siklus I sebesar 0 7% menjadi meningkat di siklus II sebesar 1 2% dan rerata terendah adalah indikator mempertanyakan gagasan orang lain yaitu hanya 0 2 % di siklus I menjadi meningkat di Siklus II sebesar 0 3%. Pada siklus I rata-rata nilai tes siswa 75 dengan ketuntasan belajar klasikal 80% siklus II nilai rata-rata siswa 85 45 dengan ketuntasan belajar klasikal 83 3%. Hasil belajar psikomotorik pada siklus I siswa secara klasikal mencapai ketuntasan 34 74% menjadi 69 06% pada siklus II. Hasil belajar aspek keterampilan belajar pada siklus I siswa secara klasikal mencapai ketuntasan 29 80% menjadi 59 20% pada siklus II. Selanjutanya pada siklus I diperoleh 40% siswa sudah mampu mencapai tingkatan kognitif penerapan (C3) namun pada siklus II siswa sudah mampu sampai pada tingkatan analisis (C4) hal ini menunjukan peningkatan belajar yang lebih baik dari pada di siklus I. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri dengan model The 5E Learning Cycle dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar IPA siswa materi pokok Kalor pada kelas VII-E SMP Negeri 1 Singosari Malang tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62533

Actions (login required)

View Item View Item