Riwayati, Kristien Endah (2011) Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Pare melalui pembelajaran berbantuan Macromedia flash 8 / Kristien Endah Riwayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar Universitas negeri Malang. Pembimbing I Dr. Muhardjito M.S dan Pembimbing II Prof. Dr.Siti Zubaidah M.Pd Kata Kunci Motivasi belajar prestasi belajar pembelajaran berbantuan macromedia flash 8 Motivasi dan prestasi belajar siswa SMPN 2 Pare masih rendah hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif berperan di dalam proses pembelajaran. Guru sudah semaksimal mungkin berupaya memberikan materi pelajaran fisika dengan berbagai cara menggunakan metode power point sudah dilakukan setiap kali pertemuan. Mengatasi permasalahan ini perlu diadakan penelitian untuk menemukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ya itu penelitian pendidikan yang dilaksanakan di dalam kelas dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini terdiri atas dua siklus masing-masing siklus melalui tahap perencanaan tindakan pelaksana an tin dakan observasi dan refleksi dan pada setiap siklus terdiri dari empat kali per temuan. Metode yang digunakan adalah pembelajaran berbantuan macromedia flash 8 dengan mem be rikan media animasinya memakai sintaks pembelajaran lang sung yang sudah dimodifikasi. Subjek yang dijadikan objek penelitian adalah sis wa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Pare sebanyak 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan pembelajaran berbantuan macromedia flash 8 ternyata prestasi belajar siswa kelas VIII-A mengalami kenaikan skor rata-rata dari siklus I ke siklus II dari 78 25 menjadi 85 75. Berarti telah terjadi peningkatan prestasi belajar siswa setelah penerapan pembelajaran berban tuan macromedia flash 8. Berdasarkan hasil angket motivasi dan observasi motivasi belajar siswa yang didasarkan atas aspek per hatian keterkaitan keyakinan dan kepuasan dapat dinyatakan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dimulai dari tahap awal akhir siklus I dan akhir siklus II. Ternyata bahwa penerapan media pem be lajaran dengan menggu nakan macromedia flash 8 dapat meningkatkan mo tivasi belajar siswa kelas VIII-A SMPN 2 Pare. Bagi guru bidang studi Fisika disarankan untuk menerapkan model pem be lajaran berbantuan macromedia flash 8 ini pada materi dengan karakteristik yang sesuai misalnya cahaya. Bagi peneliti lain yang ingin menerapkan model pembela jaran yang sama hendaknya bukan hanya meneliti aspek motivasi dan prestasi belajar saja tetapi dapat meneliti aspek afektif dan psikomotor siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62532 |
Actions (login required)
View Item |