Penerapan metode eksperimen dan bermain peran untuk meningkatkan kualitas proses dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII-H SMPN 4 Kediri / Atik Joedanarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode eksperimen dan bermain peran untuk meningkatkan kualitas proses dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII-H SMPN 4 Kediri / Atik Joedanarni

Joedanarni, Atik (2011) Penerapan metode eksperimen dan bermain peran untuk meningkatkan kualitas proses dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII-H SMPN 4 Kediri / Atik Joedanarni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Keaktifan Prestasi Belajar Metode Eksperimen Bermain Peran Berdasarkan observasi di SMPN 4 Kediri kususnya di kelas VII-H menunjukkan guru masih menekankan pemberian materi pelajaran saja kurang memperhatikan proses bagaimana informasi tersebut diterima oleh siswa. Strategi pembelajaran yang digunakan guru tidak bervariasi bahkan monoton sehingga siswa belum aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan belajar dengan situasi yang memungkinkan siswa pada saat KBM berlangsung keaktifan siswa keterampilan berpikir dan keterampilan motoriknya meningkat sehingga hasilnya bisa maksimum.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar pada konsep Gerak dan Kalor menerapkan metode eksperimen dan bermain peran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang terdiri dari (1) keterlaksanaan pembelajaran (2) aktivitas siswa dan (3) penilaian aspek psikomotorik. Kemampuan kognitif diukur menggunakan tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran yakni pada siklus I mencapai 70 75% dan pada siklus II mencapai 971 38% keaktifan siswa meningkat pada siklus I mencapai 75 00% dan pada siklus II mencapai 90 00% demikian juga prestasi belajar siswa yakni pada siklus I dicapai ketutasan belajar siswa sebesar 55 00% dan pada siklus II mencapai 86 00% atau dengan rata-rata pada siklus I mencapai 70 21 dan pada siklus II mencapai 83 00. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode eksperimen dan bermain peran dapat meningkatkan mutu pembelajaran di kelas khususnya pada konsep Gerak dan Kalor. Pembelajaran dengan metode eksperimen dan bermain peran memiliki kelebihan (1) meningkatkan keaktifan kreativitas realistik dan menyenangkan (2) dapat meningkatkan rasa percaya diri pada siswa dan melatih siswa untuk berani mengemukakan pendapatnya. Kekurangannya adalah (1) memerlukan waktu yang relatif banyak dibandingkan dengan model ceramah (2) memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang (3) memerlukan tingkat kreatifitas guru yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) Guru bidang studi Fisika sejenis dapat menggunakan dan menerapkan pembelajaran dengan metode eksperimen dan bermain peran untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. (2) Guru bidang studi IPA dapat mempelajari dan menerapkan tahap demi tahap metode eksperimen dan bermain peran sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat secara optimum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62531

Actions (login required)

View Item View Item