Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Pasuruan / Linamik - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Pasuruan / Linamik

Linamik (2011) Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Pasuruan / Linamik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran berdasarkan Masalah Pembelajaran Kooperatif STAD Motivasi dan Hasil Belajar Guru IPA kelas VIIA SMP Negeri 1 Pasuruan menyatakan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah. Motivasi yang rendah ditunjukkan dengan adanya rendahnya perhatian siswa terhadap pelajaran dan rendahnya rasa percaya diri siswa terhadap pelajaran IPA. Guru IPA masih banyak yang menyukai metode ceramah sehingga siswa lebih bersifat pasif. Siswa kurang dapat kesempatan menemukan konsepnya sendiri karena lebih banyak menerima informasi dari guru. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diterapkan pembelajaran berdasarkan masalah melalui pembelajaran kooperatif STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pasuruan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus empat pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIA SMP Negeri Pasuruan semester genap tahun ajaran 2009-2010 yang berjumlah 26 orang. Penelitian dilaksanakan pada pada bulan April sampai bulan Mei 2010. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan tindakan oleh guru dan siswa catatan lapangan angket motivasi belajar tes hasil belajar kognitif laporan dan poster angket hasil belajar afektif lembar observasi hasil belajar psikomotor. Hasil belajar kognitif diperoleh dari tes hasil belajar kognitif akhir siklus laporan dan poster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdasarkan masalah melalui pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Negegeri 1 Pasusuruan. Peningkatan motivasi dapat dilihat dari rata-rata nilai motivasi siswa pada siklus I 80 96 dan pada siklus II 87 62. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa meliputi hasil belajar kognitif hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor. Peningkatan hasil belajar kognitif dapat dilihat dari ketuntasan klasikal pada siklus I 76 92% dan pada siklus II 100%. Rata-rata kelas pada siklus I 78 69 dan pada siklus II 87 39 tetapi masih perlu perbaikan pada kemampuan menganalisis dan mengevaluasi suatu permasalahan. Hasil belajar afektif pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 80 77% dan pada siklus II 92 31% Ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotor pada siklus I 84 62% dan pada siklus II 92 31%. Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa pembelajaran berdasarkan masalah melalui pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Pasusuruan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62530

Actions (login required)

View Item View Item