Penerapan pembelajaran berbasis inkuiri dengan the 5 e learning cycle model untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VII-I SMPN 2 Pandaan tahun pelajaran 2009/2010 / Ustadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis inkuiri dengan the 5 e learning cycle model untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VII-I SMPN 2 Pandaan tahun pelajaran 2009/2010 / Ustadi

Ustadi (2011) Penerapan pembelajaran berbasis inkuiri dengan the 5 e learning cycle model untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VII-I SMPN 2 Pandaan tahun pelajaran 2009/2010 / Ustadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci prestasi belajar kemampuan kerja ilmiah The 5 E Learning Cycle Model. Kurang lengkapnya alat-alat percobaan banyaknya muatan materi yang harus disampaikan dan banyaknya beban tugas tambahan menyebabkan guru menggunakan metode ceramah dan demonstrasi dalam pembelajaran. Rendahnya kemampuan siswa untuk melakukan penyelidikan menganalisis data menyimpulkan berkomunikasi ilmiah dan bersikap merupakan indikator rendahnya kemampuan kerja ilmiah siswa yang merupakan dampak dari kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Rendahnya nilai ulangan harian siswa merupakan indikator rendahnya prestasi belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang menarik dan dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Penerapan pembelajaran dengan the 5 E Learning Cycle Model dapat melibatkan siswa secara aktif pada setiap fase pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran IPA berbasis inkuiri dengan the 5 E Learning Cycle Model. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-I SMPN 2 Pandaan tahun ajaran 2009/2010 berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif pada data kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa serta keterlaksanaan pembelajaran menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri dengan the 5 E Learning Cycle Model dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan persentase seluruh aspek kemampuan kerja ilmiah yang diamati dan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar rata-rata siswa yang meningkat terdiri dari 66 33 pada siklus I meningkat menjadi 76 17 pada siklus II dengan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan dari 11 siswa atau 37% menjadi 22 siswa atau 73 33% dari seluruh siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62529

Actions (login required)

View Item View Item