Peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan strategi pengamatan lingkungan pada siswa kelas IV SDN I Pandean Dongko Trenggalek / Dewi Indiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan strategi pengamatan lingkungan pada siswa kelas IV SDN I Pandean Dongko Trenggalek / Dewi Indiati

Indiati, Dewi (2011) Peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan strategi pengamatan lingkungan pada siswa kelas IV SDN I Pandean Dongko Trenggalek / Dewi Indiati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan menulis deskripsi strategi pengamatan lingkungan. Pembelajaran menulis deskripsi di sekolah dasar pada dasarnya bertujuan untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam mengungkapkan gagasan secara tertulis. Ellis dkk (1989 178) menyatakan bahwa menulis deskripsi merupakan cara yang sangat baik untuk memulai kegiatan menulis. Dengan cara itu siswa dapat belajar untuk mengamati sesuatu secara rinci kemudian menggambarkannya tertulis. Kemampuan mengamati dan menggambarkan suatu objek dalam bentuk tulisan tidak hanya diperoleh melalui pengetahuan tetapi juga melalui pengalaman siswa itu sendiri. Siswa dapat menggunakan secara langsung penginderaan yang dimilikinya sesuai dengan karakteristik belajar yang dimilikinya untuk menggambarkan objek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan strategi pengamatan lingkungan pada tahap perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis deskripsi penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut. Bagaimanakah upaya peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan strategi pengamatan lingkungan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Pandean Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek (a) Bagaimanakah upaya proses peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan strategi pengamatan lingkungan dan (b) Bagaimanakah upaya peningkatan hasil kemampuan menulis deskripsi berdasarkan strategi pengamatan lingkungan . Untuk menjawab pertanyaan di atas penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian dilaksanakan berdasar tiga siklus tindakan atas kolaborasi antara guru dan peneliti. Setiap siklus tindakan berdasar alur tindakan yang meliputi kegiatan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa informasi mengenai proses tindakan (hasil pengamatan dari perencanaan dan pelaksanaan) serta hasil tes siswa sebelum pelaksanaan kegiatan perbaikan. Hasil tes kegiatan siswa yang dijadikan tindakan di siklus berikutnya apabila taraf penguasaannya kurang dari target pencapaian (70%). Subyek penelititian siswa kelas 4 SDN I Pandean Dongko Trenggalek sejumlah 29 siswa yang secara aktif mengikuti kegiatan tanpa membedakan gender. Hasil evaluasi yang dilakukan setiap akhir kegiatan perlakuan menunjukkan perkembangan yang baik. Taraf penguasaan rata-rata di siklus I (68 9) siklus II (87 3) dan siklus III (89 9). Bertolak dari hasil penelitian tersebut disarankan agar (1) kepala sekolah dasar disarankan agar memberikan peluang kepada guru untuk menerapkan pembelajaran menulis deskripsi dengan strategi hasil pengamatan lingkungan (2) guru sekolah dasar disarankan agar hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif pembelajaran menulis deskripsi (3) kepada para peneliti berikutnya kiranya dapat merancang penelitian baru yang berkaitan dengan penerapan strategi hasil pengamatan lingkungan dalam pambelajaran menulis deskripsi di sekolah dasar. Dengan demikian diharapkan siswa sekolah dasar lebih terampil dalam menulis deskripsi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62528

Actions (login required)

View Item View Item