Penerapan model pembelajaran kooperatif student teams achievement division (STAD) berbantuan komputer untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kesamben / Suep Hadisiswoyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif student teams achievement division (STAD) berbantuan komputer untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kesamben / Suep Hadisiswoyo

Hadisiswoyo, Suep (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif student teams achievement division (STAD) berbantuan komputer untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kesamben / Suep Hadisiswoyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci motivasi belajar hasil belajar pembelajaran kooperatif. Hasil pengamatan awal terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kesamben menunjukkan motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa masih rendah. Guru sering mengalami kesulitan dalam merangsang siswa agar berani mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran. Pola pembelajaran di kelas masih terpusat pada guru sehingga siswa kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan kreativitas. Partisipasi siswa belum terlibat secara maksimal dalam proses pembelajaran. Mengingat hal tersebut pengembangan model pembelajaran motivasional bagi siswa merupakan kebutuhan mendesak dan perlu mendapat perhatian. Salah satu pendekatan pembelajaran motivasional yang diyakini mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang terdiri dari kelompok-kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang yang siswanya bekerja bersama-sama untuk memaksimalkan belajar mereka. Pembelajaran dengan kelompok-kelompok kecil bertujuan untuk meningkatkan pencapaian prestasi belajar. Pembelajaran ini berorientasi pada siswa yaitu melibatkan siswa secara langsung baik emosional maupun sosial dalam belajar. Lima elemen pokok dalam pembelajaran kooperatif yaitu (1) saling ketergantungan positif (2) interaksi tatap muka (3) akuntabilitas individu (4) adanya kesamaan tujuan dan (5) keterampilan bersosialisasi (menjalin hubungan antara pribadi). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil penerapan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas sangat relevan dengan penerapan pembelajaran kooperatif STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan selama 6 kali pertemuan dalam dua siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan dan evaluasi pengamatan (observasi) dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar semester II tahun pelajaran 2009/2010. Data penelitian berupa motivasi belajar yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument angket dan hasil belajar yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes. Data motivasi belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 81 25 ke siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 82 31. Data hasil belajar ranah kognitif afektif dan psikomotor menunjukkan peningkatan perolehan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar ranah kognitif pada siklus I nilai rata-rata sebesar 76 09 dan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 84 21. Hasil belajar ranah afektif pada siklus I nilai rata-rata sebesar 84 01 dan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 86 72. Hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I nilai rata-rata sebesar 80 24 dan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 90 76. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif STAD berbantuan komputer untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Kesamben dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA. Melalui belajar berkelompok mampu memberdayakan siswa untuk berinteraksi lebih lama dengan sesama anggota kelompoknya dan berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar. Pemberian penghargaan sebagai bentuk penguatan kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar ternyata mampu memberikan kepuasan memelihara kerjasama kelompok dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Saran-saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan keberhasilan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah (1) dianjurkan agar guru menerapkan pembelajaran kooperatif ini dalam pembelajaran IPA di sekolah (2) pembelajaran kooperatif STAD dapat dijadikan sebagai terobosan baru untuk meningkatkan mutu pembelajaran (3) hendaknya guru menyampaikan indikator dan tujuan belajar yang hendak dicapai di awal pembelajaran (4) hendaknya guru memberikan penghargaan (reward) sebagai bentuk penguatan dalam pembelajaran (5) hasil penelitian ini dapat menjadi bahan masukan bagi peneliti lain dalam upaya meningkatakan mutu pendidikan nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62527

Actions (login required)

View Item View Item