Usaha meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen yang dibantu media animasi komputer pada materi cahaya di SMP Negeri 1 Tulungagung / Rohmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Usaha meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen yang dibantu media animasi komputer pada materi cahaya di SMP Negeri 1 Tulungagung / Rohmad

Rohmad (2011) Usaha meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen yang dibantu media animasi komputer pada materi cahaya di SMP Negeri 1 Tulungagung / Rohmad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Motivasi Prestasi Belajar Metode Eksperimen Media Animasi Komputer. Proses belajar mengajar fisika di SMP Negeri 1 Tulungagung selama ini masih dilakukan dengan pendekatan konvensional (ceramah tanya jawab dan penugasan) dengan tidak melibatkan siswa secara aktif yang disebabkan pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered). Metode eksperimen merupakan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung. Siswa sendiri yang merancang siswa sendiri yang mengamati siswa sendiri yang menganalisis dan siswa sendiri pula yang menyimpulkan. Selain metode eksperimen yang menjadi solusinya dikuatkan lagi dengan media animasi komputer. Media animasi komputer ini bertujuan untuk menimbulkan motivasi belajar siswa serta mempermudah proses pembelajaran bagi guru dan siswa setelah mereka melakukan eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen yang dibantu media animasi komputer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil penerapan metode eksperimen yang dibantu media komputer dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini terdiri dari dua siklus setiap siklusnya ada tiga pertemuan. Penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan (observasi) dan refleksi. Selama penelitian peneliti berkolaborasi dengan guru kelas dan guru IPA lainnya yang bertindak sebagai pengamat (observer) dan pemberi masukan sedangkan peneliti berperan sebagai guru model. Intrumen penelitian yang digunakan terdiri dua jenis yaitu instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan meliputi silabus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS). Sedangkan instrumen pengukuran meliputi pedoman observasi kegiatan guru dan siswa lembar observasi motivasi catatan lapangan angket motivasi dan tes kognitif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) penggunaan metode eksperimen yang dibantu media animasi komputer dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil angket motivasi yang diberikan pada siswa di awal siklus I dan akhir siklus II terjadi peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 77 4% (kategori baik) sedangkan pada siklus II sebesar 82 9% (kategori sangat baik). Sedangkan motivasi siswa berdasarkan observasi juga terjadi peningkatan yaitu siklus I sebesar 77 15% (kategori baik) dan siklus II sebesar 86 05% (kategori sangat baik) (2) penggunaan metode eksperimen yang dibantu media animasi komputer dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi cahaya. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata nilai tes kognitif pada siklus I sebesar 80 7 dengan persentase ketuntasan sebesar 66 7% setelah siklus II dengan rata-rata nilai tes kognitif sebesar 81 5 dengan persentase ketuntasan 86 7%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62524

Actions (login required)

View Item View Item