Hariati, Eny (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe problem posing untuk meningkatkan keterampilan bertanya dan prestasi belajar fisika pada siswa kelas VIIIF SMPN 1 Pandaan tahun pelajaran 2009-2010 / Eny Hariati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Peningkatan Keterampilan Bertanya Prestasi Belajar Kooperatif Tipe Problem Posing Berdasarkan hasil observasi di kelas VIIIF SMPN 1 Pandaan diperoleh data bahwa pola pembelajaran yang diterapkan di kelas lebih didominasi oleh pembelajaran konvensional. Siswa masih menggantungkan penjelasan dari guru (teacher center) siswa cenderung pasif karena mereka hanya menerima materi dan latihan soal dari guru belum dapat belajar dengan kemauan sendiri karena mereka hanya menunggu perintah guru. Keterampilan siswa dalam mengajukan pendapat dan masalah masih rendah. Prestasi belajar siswa kelas VIIIF masih tergolong rendah atau belum memenuhi KKM 70 hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas rapor tengah semester genap untuk pelajaran fisika hanya mencapai rata-rata 60 66. Jumlah siswa yang memenuhi KKM hanya mencapai 10% dari 36 siswa. Solusi pemecahan masalah tersebut diterapkan pembela jaran Kooperatif Tipe Problem Posing. Permasalahan yang timbul dalam lapangan meliputi proses pembelajaran keterampilan bertanya dan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan pembela jaran Kooperatif Tipe Problem Posing dalam meningkatkan keterampilan bertanya dan prestasi belajar fisika pada siswa kelas VIIIF SMPN 1 Pandaan tahun pelajaran 2009-2010 2) mengetahui peningkatan keterampilan bertanya pada siswa kelas VIIIF SMP Negeri 1 Pandaan tahun pelajaran 2009-2010 3) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIIIF SMPN 1 Pandaan tahun pelajaran 2009-2010. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Instrument yang dibutuhkan dalam penelitian ini meliputi 1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran 2) lembar Problem Posing untuk mengukur keterampilan bertanya 3) soal tes untuk mengukur prestasi belajar fisika dan 4) angket respons untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Posing. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa persentase keterlaksanaan pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Posing mengalami peningkatkan dari siklus I mencapai 84 83% dan siklus II mencapai 93 70%. Persentase keterampilan bertanya siswa meningkat pada siklus I mencapai 61 79% dan siklus II 66 98%. Prestasi belajar fisika juga meningkat pada siklus I mencapai nilai rata-rata kelas 66 57 dan siklus II 71 43 dan ketuntasan klasikal 60% dari jumlah siswa. Berdasarkan data di atas diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Posing dapat meningkatkan keterampilan bertanya dan prestasi belajar Fisika pada siswa kelas VIIIF SMPN 1 Pandaan tahun pelajaran 2009-2010. Saran yang perlu disampaikan antara lain 1) pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Posing jika diterapkan pada kelas yang memiliki kemampuan rendah hendaknya guru terlebih dahulu melakukan sosialisasi langkah-langkah pembelajaran kepada siswa sebelum proses pembelajaran dimulai 2) guru hendaknya mempertimbangkan pembagian tugas pada masing-masing kelompok pada saat presentasi karena terbatasnya waktu 3) guru hendaknya memberi contoh membuat soal pada siswa 4) guru hendaknya memberi tugas pada siswa untuk membaca lebih dahulu materi yang akan dipelajari di kelas agar pada saat proses pembelajaran siswa dapat lebih aktif dan kreatif dalam membuat soal dan mendiskusikan jawabannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62523 |
Actions (login required)
View Item |