Pembelajaran berdasarkan masalah dipadu pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPA di SMP Negeri 3 Tulungagung / Retno Winarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran berdasarkan masalah dipadu pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPA di SMP Negeri 3 Tulungagung / Retno Winarni

Winarni, Retno (2011) Pembelajaran berdasarkan masalah dipadu pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPA di SMP Negeri 3 Tulungagung / Retno Winarni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran berdasarkan masalah numbered heads together hasil belajar Prestasi dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Tulungagung masih rendah sehingga perlu adanya inovasi pembelajaran agar siswa menjadi lebih aktif dan meningkat hasil belajarnya. Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah dipadu pembelajaran kooperatif NHT dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Permasalahan yang dijawab dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah implementasi pembelajaran berdasarkan masalah dipadu pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (2) bagaimanakah implementasi pembelajaran berdasarkan masalah dipadu pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan hasil belajar kognitif (3) bagaimanakah implementasi pembelajaran berdasarkan masalah dipadu pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan hasil belajar afektif dan (4) bagaimanakah respons siswa terhadap implementasi pembelajaran berdasarkan masalah dipadu pembelajaran kooperatif NHT dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap Perencanaan (Planning) Tindakan (Acting) Pengamatan (Observing) dan Refleksi (Reflecting). Tahap refleksi pada akhir siklus dilakukan untuk mengetahui perkembangan yang terjadi dan untuk menentukan strategi berikutnya dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketercapaian aspek aktivitas belajar siswa sebesar 13.3% dari siklus I ke siklus II yaitu 82 2% pada siklus I meningkat menjadi 95 5% pada siklus II. Hasil belajar (nilai rata-rata) kognitif mengalami peningkatan sebesar 4 6 dari 78 5 pada siklus I menjadi 83 1 pada siklus II dan peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebesar 9 1% dari 81 8% pada siklus I menjadi 90 9% pada siklus II. Rerata ketercapaian aspek afektif juga meningkat sebesar 4 4% dari 88 4% pada siklus I menjadi 92 8% pada siklus II. Implementasi pembelajaran berdasarkan masalah dipadu pembelajaran kooperatif NHT mendapatkan respons yang sangat baik dari siswa kelas VII 2 SMP Negeri 3 Tulungagung. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran berdasarkan masalah dipadu pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Pembelajaran berdasarkan masalah dipadu pembelajaran kooperatif NHT diharapkan dapat diterapkan oleh guru IPA untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62522

Actions (login required)

View Item View Item