Pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif STAD dan TPS terhadap kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses, dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang / Tatik Sriwedari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif STAD dan TPS terhadap kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses, dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang / Tatik Sriwedari

Sriwedari, Tatik (2011) Pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif STAD dan TPS terhadap kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses, dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang / Tatik Sriwedari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci STAD TPS kemampuan berpikir kritis keterampilan proses hasil belajar kognitif. Perubahan orientasi pembelajaran dari behavioristik menjadi paham yang berorientasi konstruktivistik berpengaruh terhadap pergeseran paradigma dari teaching (pengajaran) bergeser menjadi learning (pembelajaran). Pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) bergeser ke arah pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Paradigma baru ini dalam pelaksanaannya sangat memberdayakan potensi siswa agar berkembang lebih optimal sehingga diharapkan mampu bersaing di dunia global. Pembelajaran di SMP Negeri 1 Malang belum sepenuhnya students centered siswa belum diberdayakan secara maksimal sehingga kemampuan berpikir kritis keterampilan proses dan hasil belajar kognitif siswa masih kurang maksimal dan hanya didominasi oleh siswa yang berkemampuan atas saja. Salah satu model pembelajaran yang konstruktivis dalam mengembangkan potensi siswa adalah cooperative learning. Pembelajaran kooperatif selain mengembangkan aspek akademik juga mengembangkan aspek non akademik yaitu kerja sama sosial dan saling ketergantungan positif. Berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya STAD dan TPS mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis keterampilan proses dan hasil belajar kognitif oleh karena itu penelitian ini mengimplementasikan STAD dan TPS. Implementasi STAD dan TPS diharapkan juga dapat memberdayakan kemampuan berpikir kritis melatih keterampilan proses dan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis keterampilan proses dan hasil belajar kognitif 2) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis keterampilan proses dan hasil belajar kognitif pada siswa berkemampuan akademik atas dan bawah 3) mengetahui pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis keterampilan proses dan hasil belajar kognitif. Penelitian eksperimen semu untuk mengimplementasikan strategi STAD dan TPS dengan rancangan pretest-postest nonequivalent control group design dengan faktorial 3x2 dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII RSBI di SMP Negeri 1 Malang sebanyak 120 siswa yang terdiri dari 4 kelas sedangkan sampel penelitian adalah sebanyak 3 kelas yang terdiri dari 1 kelas untuk STAD 1 kelas untuk TPS dan 1 kelas untuk kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis keterampilan proses dan hasil belajar kognitif sebelum instrumen diujikan dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis keterampilan proses dan hasil belajar kognitif dilakukan dengan pretes dan postes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan untuk menguji hipotesis dilakukan uji statistik Anakova yang dilanjutkan dengan uji lanjut Least Significance Difference (LSD). Sebelum diuji statistik dilakukan uji asumsi berupa uji normalitas dan homogenitas. Penghitungan dibantu dengan program SPSS for windows versi 16. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan strategi TPS lebih tinggi 43 52% dibanding dengan siswa yang belajar dengan strategi STAD dan lebih tinggi 107 42% dibanding konvensional 2) ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap keterampilan proses rata-rata nilai keterampilan proses siswa yang belajar dengan strategi TPS lebih tinggi 37 36% dibanding dengan siswa yang belajar dengan strategi STAD dan lebih tinggi 89 9% dibanding konvensional 3) ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa yang belajar dengan strategi TPS lebih tinggi 29 03% dibanding dengan siswa yang belajar dengan strategi STAD dan lebih tinggi 67 41% dibanding konvensional 4) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis pada siswa yang berkemampuan akademik atas dan bawah rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik atas lebih tinggi 35 11% dibanding siswa berkemampuan bawah 5) ada perbedaan keterampilan proses pada siswa yang berkemampuan akademik atas dan bawah rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik atas lebih tinggi 32 25% dibanding siswa berkemampuan bawah 6) ada perbedaan hasil belajar kognitif pada siswa yang berkemampuan akademik atas dan bawah rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik atas lebih tinggi 26 77% dibanding siswa berkemampuan bawah 7) tidak ada pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis keterampilan proses dan hasil belajar kognitif 8) guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap implementasi pembelajaran STAD dan TPS. STAD dan TPS melatih siswa bekerja sama dan saling membantu untuk menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Guru disarankan untuk mengimplementasikan STAD dan TPS dalam pembelajaran biologi agar siswa tidak bosan dan lebih termotivasi untuk belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62520

Actions (login required)

View Item View Item