Wahyuni, Dwi Sri (2011) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan strategi bertanya siswa kelas V SDN Banjarejo 2 Pegalaran Kabupaten Malang / Dwi Sri Wahyuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran strategi bertanya membaca pemahaman Pemahaman siswa kelas V SDN Banjarejo 2 pada materi membaca pemahaman masih tergolong rendah. Hasil studi awal penelitian proses pembelajaran membaca pemahaman di kelas V Sekolah Dasar Negeri Banjarejo 2 sebagian siswa belum mampu memahami isi bacaan. Hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di SDN Banjarejo 2 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa perlu ditingkatkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya fenomena-fenomena sebagai berikut. (1) Siswa masih menemui kesulitan dalam memahami isi bacaan (2) siswa masih kesulitan mengungkapkan pesan atau informasi yang tersirat dalam bacaan dan (3) siswa kurang termotivasi untuk mengungkapkan pendapatnya berhubungan dengan bacaan. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang dapat membantu siswa menemukan sendiri cara menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa berdasarkan pengalaman dan realitas yang dimiliki siswa. Pengoptimalan kemampuan membaca pemahaman melalui pembelajaran membaca di sekolah dasar perlu dilakukan dengan memanfaatkan berbagai strategi pembelajaran. Strategi yang dimaksud digunakan dengan tujuan agar pembelajaran membaca pemahaman dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi bertanya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Banjarejo 2 Pagelaran Kabupaten Malang melalui strategi bertanya. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti merancang suatu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Banjarejo 2 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Data penelitian diperoleh dari hasil tes awal hasil pengamatan aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru tes akhir siswa dan hasil wawancara dengan siswa. Materi yang disampaikan pada penelitian ini berupa langkah siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (plan) pelaksanaan tindakan (action) pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilaksanakan dalam 1 (satu) siklus dengan 2 (dua) tindakan pembelajaran. Temuan penelitian yang didapatkan pada penelitian ini adalah (a) Pemahaman siswa terhadap materi membaca pemahaman sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar pada masing-masing tindakan pembelajaran dimana dari pembelajaran I sampai pembelajaran II mengalami peningkatan. (b) Siswa senang bekerja dalam kelompok. Alasan mereka adalah dengan bekerja kelompok maka apabila mereka menemukan kesulitan bisa bertanya kepada teman lain yang sudah paham tanpa ada rasa takut. Langkah-langkah pembelajaran dalam penelitian ini adalah Tahap prabaca langkah-langkah yang dilakukan adalah (1) menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran (2) memotivasi dan menjelaskan proses pembelajaran dengan strategi bertanya dan (3) meminta siswa menyusun pertanyaan tentang tema bagian judul dan judul bacaan. Tahap saatbaca langkah-langkah yang dilakukan adalah (1) meminta siswa membaca teks bacaan dan (2) meminta siswa menyusun pertanyaan tentang isi bacaan. Tahap pascabaca langkah-langkah yang dilakukan adalah (1) meminta siswa menjawab pertanyaan yang telah disusun secara berkelompok (2) meminta siswa mengemukakan pertanyaan yang disusun dalam diskusi kelas dan (3) meminta siswa menjawab pertanyaan tentang isi bacaan dalam diskusi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rancangan pembelajaran dengan strategi bertanya dalam penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Banjarejo 2. Rancangan pembelajaran dengan strategi bertanya dalam penelitian ini dituangkan dalam bentuk RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) (2) Pelaksanaan rancangan pembelajaran dengan strategi bertanya berlangsung dalam satu siklus dengan dua tindakan pembelajaran. Siklus dalam PTK ini terdapat tiga tahap sebagai berikut tahap prabaca tahap saatbaca dan tahap pascabaca (3) hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan yaitu (a) nilai rata-rata tes akhir meningkat pada pembelajaran I adalah 79 dan pada pembelajaran II 81 5 (b) persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa juga meningkat yaitu 72 6% pada pembelajaran I dan 89 8% pada pembelajaran II atau dari kriteria cukup menjadi baik (c) persentase keberhasilan aktivitas mengajar guru juga mengalami peningkatan yaitu 79 7% pada pembelajaran I dan 93 8% pada pembelajaran II atau dari kriteria cukup menjadi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan hal-hal sebagai berikut (1) Karena pembelajaran Bahasa Indonesia dengan strategi bertanya masih tergolong baru di lingkungan SDN Banjarejo 2 maka untuk pelaksanaan berikutnya diperlukan sosialisasi lebih lanjut di sekolah (2) Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan strategi bertanya guru hendaknya berperan sebagai fasilitator dan mediator dan membiarkan siswa membangun pengetahuan mereka sendiri (3) Dalam kegiatan pembelajaran disarankan untuk membiasakan siswa dalam kegiatan belajar adalah dengan cara belajar kelompok yaitu dengan membagi siswa kedalam kelompok-kelompok heterogen (4) harus menjelaskan tugas dari masing-masing anggota kelompok sehingga mereka mempunyai tanggung jawab dalam kelompok dan dapat bekerja sama dengan baik (5) Guru hendaknya memperhatikan pengelolaan waktu dengan baik agar pembelajaran bisa berjalan sesuai dengan rencana.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62519 |
Actions (login required)
View Item |