Maimuna, Siti (2011) Peningkatan kemampuan bersikap ilmiah dan prestasi belajar IPA (fisika) dengan pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VII.3 smp negeri 1 Probolinggo tahun pelajaran 2009-2010 / Siti Maimuna. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Inkuiri terbimbing sikap ilmiah prestasi belajar. Salah satu tujuan pendidikan dalam mata pelajaran IPA di SMP adalah melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir bersikap dan bertindak ilmiah. Usaha pencapaian tujuan tersebut dilakukan dengan kegiatan penilaian secara menyeluruh meliputi 3 aspek yaitu proses produk dan sikap ilmiah. Hasil studi pendahuluan dengan teknik wawancara dokumentasi dan observasi di kelas VII.3 SMPN 1 Probolinggo ditemukan beberapa permasalahan diantaranya adalah 1) terdapat 95 % pembelajaran IPA berorientasi pada pencapaian pemahaman dan penerapan konsep serta kinerja ilmiah sedangkan pengembangan sikap ilmiah kurang diorientasikan. 2) kemampuan bersikap ilmiah siswa yang ditunjukkan selama pembelajaran masih rendah 3) sebagian besar siswa lebih suka mendapatkan informasi atau pengetahuan dari guru dan 4) prestasi belajar IPA(fisika) siswa dari nilai ulangan harian terdapat 22 siswa dari 27 siswa(81 48%) yang belum tuntas mencapai nilai KKM sebesar 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan dengan alokasi waktu masing-masing pertemuan 3x40 menit. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi tes prestasi belajar dokumentasi catatan lapangan dan pedoman wawancara yang dilaksanakan mulai tanggal 17 April sampai 5 Juni 2010. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas VII.3 SMP N 1 Probolinggo tahun pelajaran 2009-2010 yang berjumlah 28 siswa. Tetapi dalam pelaksanaan penelitian hanya 22 siswa yang datanya dapat dianalisis dan disimpulkan berdasarkan kriteria keberhasilan mencapai nilai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing yang diterapkan pada kelas VII.3 SMP Negeri 1 Probolinggo tahun pelajaran 2009-2010 mengalami peningkatan dalam pelaksanaannya. Persentase keterlaksanaan yang diperoleh sebesar 84 23% pada siklus I meningkat menjadi 92 73% pada siklus II. Persentase pada siklus I dan siklus II ini termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan bersikap ilmiah dan prestasi belajar IPA(fisika) siswa kelas VII.3 SMP N 1 Probolinggo. Peningkatan kemampuan bersikap ilmiah siswa didasarkan pada meningkatnya rata-rata persentase kemampuan bersikap ilmiah siswa sebesar 78 59% dengan kriteria baik pada siklus I menjadi 85 24% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Meningkatnya prestasi belajar IPA(fisika) siswa didasarkan pada peningkatan nilai rata-rata prestasi awal sebelum tindakan ke nilai prestasi belajar siklus I dan ke siklus II. Nilai rata-rata prestasi awal siswa sebesar 61 00 meningkat menjadi 73 00 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 80 20 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan saran-saran yang dapat disampaikan antara lain 1) bagi guru IPA disarankan untuk menerapkan pembelajaran ini pada siswa yang memiliki karakteristik serupa dengan kelas VII.3 SMPN 1 Probolinggo dan materi pelajaran IPA yang sesuai 2) perlu perencanaan yg matang dan mempertimbangkan alokasi waktu untuk pembelajaran IPA yang tersedia agar tahap pembelajaran inkuiri terlaksana secara lengkap dan 3) pembelajaran ini baik diterapkan dalam kelompok kecil yaitu 4 orang yang dibentuk sendiri oleh siswa dengan persetujuan guru agar siswa merasa nyaman dan optimal bekerja dalam kelompok.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62518 |
Actions (login required)
View Item |