Ali, Toni Gigih Pradono (2011) Implementasi pembelajaran inkuiri dengan pemberian umpan balik terhadap jurnal belajar untuk meningkatkan kemampuan unjuk kerja dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Probolinggo / Toni Gigih Pradono Ali. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran inkuiri umpan balik jurnal belajar kemampuan unjuk kerja prestasi belajar. Pembelajaran IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Pembelajaran yang diharapkan berlangsung adalah siswa sebagai subjek sedang guru menempatkan diri sebagai fasilitator. Fakta di lapangan berdasarkan hasil observasi refleksi diri dan pengisian kuesioner guru kelas VII B SMPN 5 Probolinggo menunjukkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sudah mencantumkan pembelajaran langsung atau kooperatif. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode demonstrasi eksperimen atau diskusi tetapi dalam praktiknya pembelajaran IPA di kelas VII B tersebut belum maksimal. Siswa telah menggunakan alat ukur dalam kegiatan praktikum kompetensi dasar alat ukur. Sejak awal semester genap siswa telah dikenalkan pada kegiatan menulis jurnal belajar walupun belum semua dikoreksi oleh guru. Fakta lain ditemukan di lapangan terkait hasil pembelajaran adalah prestasi belajar belum mencapai target yang diharapkan. Nilai yang diperoleh siswa rata-rata 73 dengan ketuntasan klasikal 45%. Keterampilan yang dinilai dari kemampuan unjuk kerja siswa ketika praktikum di laboratorium juga belum sengaja direncanakan dan dikembangkan. Kinerja yang dilakukan siswa sebatas pada menyelesaikan tugas LKS yang formatnya tidak dibuat sendiri oleh guru. Berdasarkan pengalaman belajar siswa tersebut guru merasa perlu meningkatkan proses belajar melalui implementasi pembelajaran inkuiri tetapi pembelajaran inkuiri tidak selalu mudah bagi semua siswa oleh karena itu dipandang perlu guru memberikan umpan balik terhadap jurnal belajar siswa. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pemberian umpan balik terhadap jurnal belajar untuk meningkatkan kemampuan unjuk kerja dan prestasi belajar siswa (2) Apakah implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pemberian umpan balik terhadap jurnal belajar IPA dapat meningkatkan kemampuan unjuk kerja siswa (3) Apakah implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pemberian umpan balik terhadap jurnal belajar IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (4) Bagaimanakah respons siswa terhadap implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pemberian umpan balik terhadap jurnal belajar siswa untuk meningkatkan kemampuan unjuk kerja dan prestasi belajar siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil implementasi pembelajaran inkuiri dengan pemberian umpan balik terhadap jurnal belajar untuk meningkatkan kemampuan unjuk kerja dan prestasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dari bulan April sampai Juni 2010 pada Standar Kompetensi Memahami Wujud Zat dan Perubahannya. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Probolinggo tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan (1) Keterlaksanaan pembelajaran inkuiri dengan pemberian umpan balik terhadap jurnal belajar IPA mencapai 81% pada siklus I (kategori baik) dan pada siklus II mencapai 84% (kategori baik). (2) Implementasi pembelajaran inkuiri dengan pemberian umpan balik terhadap jurnal belajar IPA dapat meningkatkan kemampuan unjuk kerja siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Probolinggo. Terjadi peningkatan rata-rata kemampuan unjuk kerja dari siklus I 74 42 (kategori kompeten) ke siklus II 79 38 (kategori sangat kompeten). (3) Implementasi pembelajaran inkuiri dengan pemberian umpan balik terhadap jurnal belajar IPA dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Probolinggo. Terjadi peningkatan rata-rata prestasi belajar dari siklus I 58 81 ke siklus II 79 05 dengan ketuntasan klasikal 86%. (4) Respons siswa menunjukkan 65% siswa setuju implementasi pembelajaran inkuiri dengan pemberian umpan balik terhadap jurnal belajar IPA dapat meningkatkan kemampuan unjuk kerja dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62517 |
Actions (login required)
View Item |