Penerapan metode group investigation dipadu dengan game puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Bondowoso / Gendot Budiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode group investigation dipadu dengan game puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Bondowoso / Gendot Budiyono

Budiyono, Gendot (2011) Penerapan metode group investigation dipadu dengan game puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Bondowoso / Gendot Budiyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Group Investigation (GI) game puzzle aktivitas hasil belajar. Observasi awal yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran Biologi di kelas VII-B SMP Negeri 1 Bondowoso terdapat beberapa masalah antara lain (1) ketika pembelajaran berlangsung siswa cenderung ramai tidak memperhatikan penjelasan guru berbicara dengan temannya dan bermain HP (2) dalam me-nyelesaikan suatu tugas siswa dengan karakteristik yang sama cenderung untuk mengelompok menjadi satu sehingga terbentuk kelompok-kelompok homogen di kelas (3) saat diberi tugas untuk berdiskusi siswa mengerjakan sendiri-sendiri siswa yang berkemampuan lebih tinggi tidak pernah membagi pengetahuannya kepada siswa yang lemah (4) menurut beberapa siswa metode ceramah dan tanya jawab yang diterapkan oleh guru kurang menarik minat dan perhatian siswa karena hanya siswa tertentu saja yang aktif berpendapat. Dari permasalahan tersebut juga meng akibatkan rendahnya hasil belajar siswa setiap tes selalu ada siswa tidak tuntas belajar yang jumlahnya lebih kurang 40% jumlah siswa di kelas. Berdasarkan kondisi tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Bondowoso (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Bondowoso tujuan tersebut dicapai dengan pembelajaran menggunakan metode group investigation yang dipadu dengan game puzzle. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus siklus pertama terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari enam kali pertemuan. Peneliti sebagai pengelola instrumen perancang tindakan dan guru. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi keterlaksanaan tindakan oleh guru dan siswa dalam metode GI yang dipadu dengan game puzzle lembar observasi aktivitas belajar siswa dalam metode GI yang dipadu dengan game puzzle pemberian test hasil belajar kognitif dan afektif setiap akhir siklus dan pengisian lembar penilaian hasil belajar psikomotorik. Tahap-tahap penelitian meliputi planning implementing observing dan reflecting yang pelaksanaannya disesuaikan dengan GI yang dipadu dengan game puzzle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode GI yang dipadu dengan game puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Bondowoso. Aktivitas belajar siswa dari siklus I 73 63% dengan kriteria baik dan pada siklus II sebesar 89 57% dengan kriteria sangat baik sehingga terjadi peningkatan 15 94%. Terdapat peningkatan hasil belajar kognitif dari siklus I sebesar 74 07% dan siklus II sebesar 96 29% sehingga ada peningkatan sebesar 22 22% hasil belajar afektif tidak terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II tetapi nilai hasil belajar afektif sangat bagus yaitu sebesar 96 29%. Peningkatan terjadi juga pada hasil belajar psikomotor dari siklus I sebesar 77 78% menjadi 100% pada siklus II sehingga ada peningkatan sebesar 22 22%. Dari hasil penelitian dapat disarankan agar guru menggunakan metode GI yang dipadu dengan game puzzle untuk pembelajaran Biologi pada materi yang dapat diinvestigasi. Guru bisa mencari bentuk permainan lain yang disukai siswa yang berguna sebagai penguatan konsep dan dipadukan dengan metode pembelajaran yang relevan. Teknik tersebut sesuai dengan sifat anak SMP yang masih suka bermain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62516

Actions (login required)

View Item View Item