Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dengan tugas menulis jurnal belajar untuk meningkatkan motivasi, keterampilan metakognitif dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Blitar / Juli Setyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dengan tugas menulis jurnal belajar untuk meningkatkan motivasi, keterampilan metakognitif dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Blitar / Juli Setyanto

Setyanto, Juli (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dengan tugas menulis jurnal belajar untuk meningkatkan motivasi, keterampilan metakognitif dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Blitar / Juli Setyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan IPA SMP Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Ibrohim M.Si. Kata Kunci Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) jurnal belajar motivasi belajar keterampilan metakognitif hasil belajar Observasi awal yang dilakukan menunjukkan adanya permasalahan pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Blitar antara lain masih adanya kecenderungan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) rendahnya motivasi belajar siswa rendahnya keterampilan metakognitif siswa dan rendahnya hasil belajar IPA siswa. Berdasarkan kondisi tersebut maka perlu adanya peningkatan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan tugas menulis jurnal belajar merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tugas menulis jurnal belajar dapat meningkatkan motivasi siswa keterampilan metakognitif siswa dan hasil belajar siswa serta bagaimana respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tugas menulis jurnal belajar. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan di kelas VIII C Tahun Pelajaran 2009/2010 SMP Negeri 1 Kota Blitar dengan jumlah siswa 24 orang. Pelaksanaan tindakan terbagi menjadi dua siklus. Motivasi belajar siswa diukur dengan menggunakan angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi motivasi belajar siswa. Keterampilan metakognitif siswa diukur dengan menggunakan inventori keterampilan metakognitif dan tes esai terstruktur dengan rubrik yang juga digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang diukur berdasarkan angket motivasi sebesar 5 5% dengan kategori sangat baik dan motivasi belajar siswa yang diukur berdasarkan lembar observasi motivasi menunjukkan peningkatan sebesar 8 4% dengan kategori baik. Keterampilan metakognitif yang diukur berdasarkan inventori keterampilan metakognitif menunjukkan peningkatan skor sebesar 4 2 dengan kategori okay sedangkan keterampilan metakognitif yang diukur berdasarkan tes esai terstruktur menunjukkan peningkatan skor sebesar 2 1 dengan kategori super. Hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan rata-rata sebesar 2 3 dan peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebesar 20 8%. Skor rata-rata respons siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT) dengan tugas menulis jurnal belajar adalah 3 6 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tugas menulis jurnal belajar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa meningkatkan keterampilan metakognitif siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tugas menulis jurnal belajar juga mendapatkan respos yang positif dari siswa. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian adalah (1) pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat menjadi salah satu variasi atau model pembelajaran yang dilakukan oleh guru (2) guru dapat membiasakan diri atau melatih siswa untuk menulis jurnal belajar sebagai sarana refleksi untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan (3) bagi guru atau peneliti yang akan mengukur keterampilan metakognitif siswa hendaknya juga menggunakan tes esai terstruktur dengan rubrik karena alat ukur ini lebih bisa dipercaya hasilnya daripada hanya menggunakan inventori keterampilan metakognitif saja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62515

Actions (login required)

View Item View Item