Penerapan siklus belajar berbasis masalah kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Lumajang / Abdul Rohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan siklus belajar berbasis masalah kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Lumajang / Abdul Rohman

Rohman, Abdul (2011) Penerapan siklus belajar berbasis masalah kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Lumajang / Abdul Rohman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan IPA Terpadu Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S (2) Prof.Dr. Siti Zubaidah M.Pd. Kata Kunci Siklus Belajar Pembelajaran Kontekstual Motivasi Belajar Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Lumajang diketahui bahwa siswa kurang memiliki motivasi saat guru menjelaskan materi pelajaran. Permasalahan kurangnya motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah yaitu di bawah SKM. Kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Lumajang masih cenderung menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional yang menggunakan buku paket dengan alasan target kurikulum tidak tercapai sehingga pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered) dan siswa kurang termotivasi mengikuti kegiatan pembelajaran. Siswa cenderung pasif sehingga perlu ada kegiatan pembelajaran diskusi tanya jawab dan praktikum. Disepakati pula oleh guru untuk menggunakan pembelajaran siklus belajar agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan tindakan berupa penerapan siklus belajar. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Siklus belajar yang digunakan terdiri 5 fase yaitu Engagement Exploration Explanation Elaboration dan Evaluation. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Lumajang 2009/2010. Jumlah subyek yang terdiri dari 25 siswa dengan 11 siswa putra dan 14 siswa putri. Pokok bahasan pada saat penelitian adalah memahami saling ketergantungan dalam ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan siklus belajar berbasis masalah kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil penjaringan data dengan angket menunjukkan ada peningkatan motivasi sebesar 4% dari 84% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Hasil observasi menunjukkan motivasi belajar siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 6 5%. Hasil belajar klasikal siswa berupa tes kognitif meningkat sebesar 12% dari siklus I ke siklus II yaitu dari siklus I sebesar 76% ke siklus II sebesar 88%. Peningkatan tersebut sudah memenuhi ketuntasan yang ditetapkan yaitu 85%. Hasil tes belajar afektif siswa juga mengalami peningkatan sebesar 4% dari siklus I sebesar 84% ke siklus II sebesar 88%. Hasil belajar psikomotorik mengalami peningkatan 12% dari siklus I sebesar 80% ke siklus II sebesar 92% . Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran-saran sebagai berikut (1) penerapan siklus belajar berbasis masalah kontekstual dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran bagi siswa dengan motivasi dan hasil belajar rendah (2) pemberian pujian dan penghargaan (reward) pada siswa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (3) perencanaan waktu pada RPP hendaknya seefektif mungkin sehingga pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana dan media yang menarik perlu digunakan dalam pembelajaran IPA-Biologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62513

Actions (login required)

View Item View Item