Peningkatan kemampuan menyimak siswa kelas IV SDN Kedunggalar 7 Ngawi melalui teknik structure head number / Arief Wahyu Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menyimak siswa kelas IV SDN Kedunggalar 7 Ngawi melalui teknik structure head number / Arief Wahyu Wibowo

Wibowo, Arief Wahyu (2010) Peningkatan kemampuan menyimak siswa kelas IV SDN Kedunggalar 7 Ngawi melalui teknik structure head number / Arief Wahyu Wibowo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kemampuan menyimak TSHN Sekolah Dasar Menyimak sebagai keterampilan berbahasa yang pertama kali dikuasai seseorang mempunyai peranan penting sebagai awal dari keterampilan- keterampilan yang lain. Pada saat seorang bayi berbicara ia menyimak bunyi-bunyi yang di dengar kemudian berusaha menirukannya walaupun belum mengerti makna bunyi-bunyi tersebut. Demikian juga pada saat seseorang belajar membaca dan menulis seseorang akan menyimak cara membaca dan menulis dari guru yang mengajarinya. Keterampilan menyimak berperan penting dalam usaha mempelajari banyak hal apalagi di dunia pendidikan. Setiap pelajaran di sekolah memerlukan keterampilan menyimak. Guru dalam menyampaikan materi kebanyakan mengunakan metode ceramah. Dalam hal inilah keterampilan menyimak bagi siswa dibutuhkan. Mengingat pentingnya keterampilan menyimak maka keterampilan tersebut harus dilatihkan sejak dini dalam pelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar (SD). Perlu dilakukan sebagai landasan untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan pembelajaran dengan Teknik structure head number dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar kemampuan menyimak siswa kelas IV SDN Kedunggalar 7 Ngawi Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) peneliti berkolaborasi dengan guru kelas IV SDN Kedunggalar 7 yang berjumlah 31 siswa dengan prosedur persiapan penelitian melalui survei awal yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan pelaksanaan meliputi penomoran mengajukan pertanyaan berfikir bersama dan menjawab. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan. Peningkatan pembelajarannya yaitu (1) kesenangan dan gairah belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran (2) antusias dan kerjasama siswa dalam mengikuti diskusi (3) keantusiasan dan ketekunan siswa dalam membuat kalimat (4) ketekunan kerja sama dan kreativitas siswa dalam menentukan kalimat yang akan di jadikan informasi pelaksanaan diskusi. Berdasarkan hasil uraian di atas bahwa melalui TSHN dalam pembelajaran menyimak siswa kelas IV SDN Kedunggalar 7 Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi meningkat baik berupa proses maupun berupa produk. Peningkatan gagasan pengorganisasian struktur dan tata bahasa ketiga aspek diatas merupakan standat ketuntasan minimal. Oleh karena itu Guru hendaknya membuka diri dan menerima inovasi-inovasi pembelajaran yang menunjang terjadinya peningkatan mutu pendidikan. Sebagai seorang tokoh pendidikan guru harus menjadi seorang inovator dalam bidang pendidikan.sedangkan siswa sebaiknya mengembangkan potensi yang mereka miliki melalui kerjasama dalam kelompok belajar yang membentuk pribadi mereka sehingga kelak menjadi masyarakat yang peduli lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62511

Actions (login required)

View Item View Item