Krisnasari, Selvy (2010) Penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V tentang gaya gesek di SDN Parangargo 1 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Selvy Krisnasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Quantum Teaching hasil belajar siswa. Pada observasi awal peneliti mendapatkan data guru belum optimal dalam mengendalikan laju komunikasi dalam pembelajaran hasil belajar siswa pun rendah. Nilai rata-rata tes hanya 5 6 dan dari 28 orang siswa 12 orang siswa yang lulus 42 85% sedangkan sisanya 16 atau 57 15% mendapatkan nilai di bawah KKM IPA yaitu 6 5. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan penelitian tindakan kelas dilakukan di SDN Parangargo 1. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model quantum teaching siswa kelas V aktivitas siswa dengan menggunakan model quantum teaching mendeskripsikan hasil peningkatan hasil belajar siswa kelas V. Desain penelitian yang digunakan model spiral dari Kemmis dan Taggart dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi wawancara catatan lapangan dan lembar tes. Penerapan model quantum teaching dapat membuat kelas menjadi nyaman menyenangkan dan kondusif sehingga meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Aktifitas siswa yaitu kenyamanan kerjasama sikap menghargai dan keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat. Pada penelitian awal kenyamanan 65.48% kerjasama 58.33% sikap menghargai 52.38% dan keaktifan 59.52% pada siklus I yaitu kenyamanan 70.24% kerjasama 66.67% sikap menghargai 65.48% dan keaktifan 71.43%. Maka pada siklus II mengalami peningkatan kenyamanan menjadi 82.14% kerjasama 78.57% sikap menghargai 78.57% dan keaktifan 73.81%. Berdasarkan perbandingan hasil belajar siswa pada penelitian awal siklus I dan siklus II dilihat dari perbandingan nilai rata-rata pada penelitian awal nilai rata-rata tes kelas 5 64 pada siklus I rata-rata kelas menjadi 6 42 dan pada siklus II rata-rata kelas menjadi 8 17. Pada penelitian awal jumlah siswa yang lulus hanya 12 orang (42 85%) dan 16 orang lainnya (57 15%) tidak lulus. Pada siklus I jumlah siswa yang lulus bertambah menjadi 21 orang (75%) siswa yang tidak lulus 7 orang (25%). Peningkatan jumlah siswa yang lulus juga terlihat pada siklus II jumlah siswa yang lulus 28 orang (100%) atau dengan kata lain seluruh siswa lulus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62507 |
Actions (login required)
View Item |