Peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) di SDN Cerme 2, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk / Moh. Saiqudin Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) di SDN Cerme 2, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk / Moh. Saiqudin Hakim

Hakim, Moh. Saiqudin (2010) Peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) di SDN Cerme 2, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk / Moh. Saiqudin Hakim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKn DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SDN. CERME 2 KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK. INCREASING THE LEARNERS ACHIEVEMENT IN CIVIC EDUCATION SUBJECT BY APPLYING THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MODEL IN CERME 2 PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK. Oleh Moh. Saiqudin Hakim ABSTRAK Key words increasing achievement Civic Education PBL. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SDN. Cerme 2 Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk pada Semester II TA. 2009/2010. Untuk itu maka perlu dipelajari hal-hal terkait seperti Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran PBL tersebut. Selain itu juga dipelajari pula tentang bagaimana penerapan pembelajaran model PBL tersebut sehingga dapat meningkatkan belajar para siswa. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama sekitar satu bulan. SDN Cerme 2 ini beralamatkan di Dusun Ngaglik Desa Cerme Kecamatan Pace. Data penelitiannya berasal dari hasil wawancara terhadap beberapa responden terkait ditambah lagi dengan hasil dokumentasi di mana instrumen dan prosedur yang digunakan dalam pengumpulannya adalah (1). Evaluasi tertulis (2). Angket dan (3). Observasi/ pengamatan. Hasil Penelitian ini antara lain (1). Hasil belajar siswa sebelum menerapkan Model Pembelajaran PBL masih rendah yaitu sebesar 57 73 pada semester I sebelumnya. (2). Penerapan Model PBL pada poin 1) ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. (3). Hasil belajar siswa pada poin 1) tersebut setelah menerapkan Model Pembelajaran PBL terbukti meningkat misalnya pada siklus I rerata hasil belajar siswa adalah 70 07 kemudian pada Siklus II meningkat menjadi 71 07 lalu pada Siklus III meningkat lagi menjadi 81.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62505

Actions (login required)

View Item View Item