Peningkatan pemahaman konsep pecahan melalui pendekatan realistic mathematics education (RME) pada siswa kelas IV di SDN Sukoharjo, Kec.Bancar, Kab.Tuban / Yuyun Dwi Yuliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep pecahan melalui pendekatan realistic mathematics education (RME) pada siswa kelas IV di SDN Sukoharjo, Kec.Bancar, Kab.Tuban / Yuyun Dwi Yuliana

Yuliana, Yuyun Dwi (2010) Peningkatan pemahaman konsep pecahan melalui pendekatan realistic mathematics education (RME) pada siswa kelas IV di SDN Sukoharjo, Kec.Bancar, Kab.Tuban / Yuyun Dwi Yuliana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuliana Yuyun Dwi. 2010. Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Siswa Kelas IV di SDN Sukoharjo Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof.Dr.H. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. dan (II) Dr.Hj. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. Kata kunci peningkatan pemahaman konsep pecahan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Pecahan merupakan salah satu materi yang sangat penting dalam matematika dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun pemahaman terhadap konsep pecahan ini oleh siswa kelas IV SDN Sukoharjo masih tergolong rendah. Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep pecahan ini antara lain disebabkan karena pembelajaran yang yang biasanyaditerapkan tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Guru memberikan penjelasan secara langsung tentang materi memberikan contoh-contoh soal dan soal latihan sehingga siswa hanya menghafal dan bekerja secara prosedural. Selain itu siswa juga tidak diberi kesempatan untuk menerapkan konsep pecahan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang dapat membantu siswa menemukan sendiri konsep pecahan berdasarkan pengalaman dan realitas yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan rancangan pembelajaran melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV SDN Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010 (2) Mendeskripsikan pelaksanaan rancangan pembelajaran melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV SDN Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010 (3) Mendeskripsikan hasil dari pelaksanaan rancangan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV SDN Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010 dan (4) mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV di SDN Sukoharjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil tes awal dan tes akhir siswa hasil pengamatan kegiatan mengajar guru dan kegiatan belajar siswa serta hasil wawancara dengan siswa. Langkah-langkah pembelajaran matematika melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dihasilkan dalam penelitian ini terdiri dari empat langkah yaitu (1) memberikan dan memahami masalah kontekstual (2) menyelesaikan masalah kontekstual dengan bantuan benda-benda konkret (3) membandingkan dan mendiskusikan jawaban dan (4) membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan pengalaman siswa dan penggunaan benda-benda konkret dapat membangun pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV di SDN Sukoharjo. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan hal-hal sebagai berikut (1) diperlukan sosialisasi lebih lanjut di sekolah sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan RME tidak menyimpang (2) Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan RME guru hendaknya berperan sebagai fasilitator dan mediator (3) Dalam kegiatan pembelajaran disarankan untuk membiasakan siswa dalam kegiatan belajar adalah dengan cara belajar kelompok (4) guru harus menjelaskan tugas dari masing-masing anggota kelompok dan (5) guru hendaknya memperhatikan pengelolaan waktu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62504

Actions (login required)

View Item View Item