Indiartiningsih, Eni (2011) Pembelajaran kooperatif jigsaw dengan menggunakan perangkat pola PBMP untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VII-1 SMPN 1 Probolinggo / Eni Indiartiningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan IPA SMP Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Ibrohim M.Si. Kata kunci Kooperatif Jigsaw Pola PBMP motivasi hasil belajar. Selama dua tahun terakhir hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Probolinggo dalam konsep Kepadatan Populasi dan Pengelolaan Lingkungan tergolong rendah dengan nilai siswa yang mencapai KKM hanya sekitar 63% tahun 2008 dan 65% tahun 2009 dari KKM yang sudah ditentukan yaitu 76 karena metode pembelajaran yang digunakan dirasa kurang memotivasi siswa dalam pembelajaran. Untuk mengatasi kondisi tersebut diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu metode yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah penerapan pembelajaran Kooperatif Jigsaw dengan Pola PBMP. Oleh karena itu telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VII-1 SMPN 1 Probolinggo dengan penerapan pembelajaran Kooperatif Jigsaw dengan menggunakan perangkat Pola PBMP. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus masing-masing dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan selama enam minggu pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Probolinggo kelas VII-1 dengan jumlah 28 siswa. Motivasi belajar siswa diukur dengan menggunakan angket dan observasi dengan melihat perhatian kesesuaian keyakinan dan kepuasan siswa selama pembelajaran sedangkan hasil belajar dilihat dari hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa secara klasikal dengan kategori baik dari 76% pada siklus I meningkat dengan kategori sangat baik menjadi 88 8% pada siklus II dengan peningkatan 12 8%. Peningkatan motivasi belajar siswa masing-masing indikator yaitu perhatian sebesar 8 3% keterkaitan sebesar 12 2% keyakinan sebesar 14 0% dan kepuasan16 7%. Skor rata-rata angket motivasi sebelum tindakan 84 4% meningkat menjadi 84 7% setelah pelaksanaan tindakan. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan 25% yaitu keberhasilan belajar klasikal dari 64% pada siklus I meningkat menjadi 89% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif Jigsaw dengan menggunakan perangkat Pola PBMP dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VII-1 SMPN 1 Probolinggo. Berdasarkan temuan penelitian saran-saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan keberhasilan pembelajaran Kooperatif Jigsaw dengan menggunakan perangkat Pola PBMP untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah sebagai berikut. (1) Pembelajaran ini dapat menjadi alternatif pilihan karena melibatkan siswa secara aktif memberikan tanggung jawab kepada siswa dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (2) Pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sehingga diharapkan guru IPA melaksanakan penelitian lebih lanjut untuk mengukur hasil belajar afektif dan psikomotor (3) Pelaksanaan pembelajaran ini terbatas pada pokok bahasan Kepadatan Penduduk dan Pengelolaan Lingkungan sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut pada pokok bahasan yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62501 |
Actions (login required)
View Item |