Penerapan model inkuiri pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Tarakan Kalimantan Timur / Ibrahim - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model inkuiri pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Tarakan Kalimantan Timur / Ibrahim

UNSPECIFIED (2013) Penerapan model inkuiri pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Tarakan Kalimantan Timur / Ibrahim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ibrahim. 2013. Penerapan Model Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Tarakan Kalimantan Timur. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. A. Fatchan M.Pd M.P. (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. Kata kunci Model Inkuiri Keaktifan Hasil Belajar Penerapan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS pada materi sosialisasi dan pembentukan kepribadian bagi siswa kelas XI Pemasaran 2 dilatar-belakangi oleh permasalahan (1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tergolong rendah rata-rata untuk tahun ajaran 2010/2011 4 40 dan tahun ajaran 2011/2012 5 40 (2) keaktifan belajar siswa pada saat pembelajaran rendah (3) durasi waktu pembelajaran IPS kurang (4) guru hanya menuntut siswa menghafal beberapa fakta konsep prosedur dan prinsip (5) proses pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered) dan (6) sumber belajar berpusat pada buku teks. Dengan demikian masalah dalam penelitian ini yaitu (1) apakah penerapan model inkuiri dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas XI Pemasaran 2 pada materi sosialisasi dan pembentukan kepribadian dan (2) apakah penerapan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas XI Pemasaran 2 pada materi sosialisasi dan pembentukan Kepribadian oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah (1) peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas XI Pemasaran 2 pada materi sosialisasi dan pembentukan kepribadian (2) peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas XI Pemasaran 2 pada materi sosialisasi dan pembentukan kepribadian. Penelitian ini dirancang dengan Penelitian Tindakan Kelas yang disusun dalam satuan siklus meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) lembar observasi keaktifan belajar siswa (2) catatan lapangan untuk melihat keaktifan siswa selama pembelajaran dan (3) hasil belajar siswa. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas XI Pemasaran 2 sebanyak 26 siswa dan objek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keaktifan siswa melalui penerapan model inkuiri mengalami peningkatan 36% dari siklus I rata-rata 41% atau kategori cukup aktif dan siklus II rata-rata 77% atau kategori aktif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan 11 poin dari siklus I rata-rata 70 dan pada siklus II rata-rata 81. Persentase siswa yang memperoleh nilai 8805 70 pada siklus I adalah 65% dan siklus II adalah 88% atau meningkat 23% dengan target ketercapaian 80%. Berdasarkan hasil pembahasan disimpulkan bahwa (1) penerapan model inkuiri untuk materi sosialisasi dan pembentukan keperibadian dapat meningkatkan keaktifan siswa (2) penerapan model inkuiri untuk materi sosialisasi dan pembentukan keperibadian dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model inkuiri dapat merangsang pola pikir siswa sehingga berdampak pada keaktifan dan hasil belajarnya. Oleh sebab itu disarankan bagi Guru (a) agar perolehan keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat sebaiknya temuan penelitian ini dapat diaplikasikan (b) untuk mengatasi siswa yang pasif dengan cara pemberian motivasi dan memberi kesempatan bertanya. Sekolah penelitian ini terbatas hanya pada satu kelas maka ke depannya dapat diterapkan di kelas yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62500

Actions (login required)

View Item View Item