Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas VB SDN Pare 1 Kabupaten Kediri / Liza Apriliyana

Apriliyana, Liza (2016) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas VB SDN Pare 1 Kabupaten Kediri / Liza Apriliyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apriliyana, Liza. 2016. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dalam Pembelajaran Tematik dengan Mengunakan Metode SQ3R pada Siswa Kelas VB SDN Pare1 Kabupaten Kediri.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ratna Trieka Agustina,M.Pd., (II) Drs. Goenawan Roebyanto, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, Pembelajaan Tematik, Metode SQ3R, Siswa Kelas VB SDN Pare 1 Kabupaten Kediri. Metode SQ3R merupakan metode membaca yang terdiri dari lima tahapanyang saling berkaitan. Tahapan tersebut merupakan singkatan dari SQ3R, yaitu survey, question, read, recite, dan review. Pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VB SDN Pare 1 masih kurang optimal, sehingga mengakibatkan hasil yang kurang optimal. Pada praktik pembelajaran guru hanya melaksanakan metode ceramah, dan penugasan. Ketikakegiatan membacaberlangsung, siswahanyamembacasekilasdancenderungramaidengantemannya.Selain itu ketika guru mengajukan pertanyaan tentang isi bacaan, siswa tidak dapat menjawabnya. Oleh sebab itu diperlukan metode untuk memperbaiki praktik pembelajaran membaca pemahaman, yaitu dengan metode SQ3R. Hal tersebut dikarenakan metode SQ3Rbelum pernah dilakukan di SDNPare 1 Kabupaten Kediri. Penelitian ini dirancang dengan metode Penelitian Tindakan Kelas melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tujuanpenelitianyaitu, (1) Mendiskripsikan proses membaca pemahaman dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan metode SQ3R yang dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VB SDN Pare 1,(2) Meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas VB SDN Pare 1. Kemampuan guru dalam menyusun RPP dan melaksanakannya sudah sangat baik, selanjutnya proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dalam pembelajaran tematik juga berlangsung secara baik. Hal tersebut ditunjukkan sudah terlaksananya semua tahapan pembelajaran membaca pemahaman dan banyaknya siswa yang mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan dari guru. Dengan praktik pembelajaran yang baik, hasilnya juga baik. Hal tersebut terlihat adanya peningkatan dari pratindakan sebesar 45,4 % menjadi 63,6% pada siklus I, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 86,3%. Sehingga dapat simpulkan bahwa proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dan peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa pada penelitian tindakan telah memenuhi target. Saran yang dapatdigunakanuntukpenelitianataupunpenulisanyang serupa yaitu, (1) penggunaan metode SQ3R dalampembelajarantematikperludisediakanalokasiwaktu yang cukup, (2) penerapanmetode SQ3R dapatdilaksanakanpadaaspekmembacapemahaman yang lain, (3) diharapkandapatmengembangkanpenelitiansejenisdenganmenggunakanmetode yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6250

Actions (login required)

View Item View Item