Sri (2012) Pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang pada matakuliah Hidrologi / Sri Agustina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Berpikir Kritis Berpikir Kreatif. Salah satu keunggulan dari model pembelajaran berdasarkan masalah adalah kemampuannya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Nur (2011) menyatakan bahwa model PBM dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk belajar berpikir tentang masalah kehidupan riil. Model ini juga menyediakan kondisi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis maupun analisis serta memecahkan masalah kompleks dalam kehidupan nyata (Coreobima 2010). Pengaruh model PBM terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif terletak pada permasalahan yang disajikan atau ditemukan oleh mahasiswa. selain itu langkah-langkah pembelajarannya juga menuntun mahasiswa untuk berpikir kritis dan kreatif. Permasalahan dan langkah-langkah PBM mempengaruhi motivasi mahasiswa untuk berpikir dalam menemukan alternatif-alternatif solusi. Mahasiswa juga dituntut untuk memilih salah satu alternatif tersebut dengan alasan yang logis. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh PBM terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang pada materi hidrosfer. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas C sebagai kelas eks-perimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian diambil dengan tek-nik random sampling namun sebelumnya dihitung homogenitas setiap kelas. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental se-mu (quasi experiment) dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t-test dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas control baik pada kemampuan berpikir kritis maupun kreatif. Berdasarkan hasil uji t kemampuan berpikir kritis pada p-level adalah 0 011 dan kemampuan berpikir kreatif diperoleh sigifikansi pada p-level adalah 0 002. Kedua data p-level tersebut lebih kecil dari signifikansi yaitu 0 05 (p
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62495 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |