Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VB SDN Rejosari 01 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Rendyana Mulya Prayogi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VB SDN Rejosari 01 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Rendyana Mulya Prayogi

Prayogi, Rendyana Mulya (2016) Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VB SDN Rejosari 01 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Rendyana Mulya Prayogi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prayogi RendyanaMulya. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarPKnSiswaKelas VB SDN Rejosari 01 KecamatanBanturKabupaten Malang. Skripsi JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs. Imam Nawawi M.Si (II) Prof. Dr.Ruminiati M.Si. Kata Kunci Model PembelajaranJigsaw PKn SD. Berdasarkanhasilobservasiawal di SDN Rejosari 01 KecamatanBanturKabupaten Malang pembelajaranPKnbelummenuntutsiswasupayaaktif. Hal iniberpengaruhpadahasilbelajarPKn. Hasilulanganharian 1 PKnmenunjukkanbahwadari 25 siswa terdapat 10 siswa yang belumtuntas KKM PKnyakni 70. Didugabahwaadakomponenpembelajaran yang belumdilaksanakan yakni model pembelajaran.Tujuanpenelitianiniialahuntukmendeskripsikan (1) penerapan model jigsawpadapembelajaranPKn (2) aktivitasbelajarPKnsiswadenganditerapkannya model jigsaw dan (3) hasilbelajarPKnsiswasetelahditerapkannya model jigsaw. Model pembelajaranjigsawialah model yang memberikankesempatanuntukbelajardalam 2 kelompok yaknikelompokasaldanahli. Pendekatanpenelitianiniyaitukualitatif.Jenisnyayaknideskriptif.RancangannyayaituPenelitianTindakanKelas (PTK).Subjekpenelitianiniialahseluruhsiswakelas VB SDN Rejosari 01 yang berjumlah 25 siswa.Teknikpengumpulandatanya yakniobservasi tes dandokumentasi.Model PTK yang digunakanyaitu model Kemmis McTaggart yang terdiriatas 4 tahapsetiapsiklus.1 siklusterdiriatas 1 pembelajaranPKn yang beralokasiwaktu 3 x 35 menitdalam 1 minggu.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) nilaipenerapanpembelajaran model jigsaw yang diperolehpenelitimencapai 80 dengankategori B (2) aktivitasbelajarkelasmencapai rata-rata nilai 80 44 dengankategori B (3) hasilbelajarkelasmencapai rata-rata nilai 81 19 dengankategori A danmencapaiketuntasanklasikal yakni 85. HasilpenelitianinimenunjukkanpeningkatanaktivitasdanhasilbelajarPKnsiswakelas VB. Terlihat rata-rata nilaiaktivitasbelajarsiklus 1 yakni 80 04dengankategori baik . Adapunpadasiklus 2 meningkatmenjadi 80 44dengankategori baik pula. Rata-rata nilaihasilbelajarsiklus 1 yaitu 73 20dengankategori baik . Kemudianmeningkatmenjadi 81 19dengankategori sangatbaik padasiklus 2. Hal inimenunjukkanbahwapenerapan model yang benardapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Disarankanbagipenelitimaupun guru untukmengembangkankreatifitasnyadalammembelajarkansiswa demi kualitaspendidikan yang lebihbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6249

Actions (login required)

View Item View Item